Syamsudin, syam (2021) TRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM SUKOHARJO PRINGSEWU. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (cover & abstrak)
1. Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (467kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (275kB) |
|
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (400kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (Tesis Full)
5. Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Religius
GuruPendidikan AgamaIslam adalah orang yang memberikan sebuah pengetahuan, dan pengalamanagama Islam kepadamurid dan mampu memiliki berbagai cara dalam mentransfer pengetahuan sehigga dapat mewudjudkan tujuan pendidikan Islam yang rahmatan lilalamin, sehingga murid dapat menjalakan kereligiusannya dilingkungan mereka berada.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah bagaimanastrategi guruPAI dalammenanamkan karakterreligius pada peserta didik Madrasah Aliyah Darul Ulum Pringsewu dan apafaktor penghambatserta bagaimanasolusinya dalamstrategi pebelajaran guru dalam menanamkan karakterreligius pada peserta didik Madrasah Aliyah Darul Ulum Pringsewu.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan kualitatif field research, dan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, Observasi, Dokumentasi, Interview, Instrumen Penelitian, dan. Analisis data menggunakan deskriptif data, ialah model interaktif yaitu alur untuk menentukan secara kronoligis proses analisis dari tahapan awal sampai tahapan penentuan kesimpuan dari hasil studi.
Hasil penelitian dari Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik Madrasah Aliyah Darul Ulum Pringsewu ada Sepuluh macam yaitu 1). pembiasaan religius terhadap siswa, 2). kegiatan belajar mengajar PAI, 3). suri tauladan guru, 4). pendekatan pada peserta didik, 5). kerjasama elemen sekolah, 6). kegiatan keagamaan, 7). sanksi atau hukuman yang edukatif, 8). sinergitas guru, 9). kegiatan ekstrakulikuler, 10). sinergitas dengan masyarakat dan lembaga pendidikan non formal. Dan adapun faktor penghambat diantaranya dari faktor internal yaitu kedisiplinan, kurang dalam menguasai baca Al-Qur’an, background peserta didik asal dari sekolah umum, keterbatasan fasilitas sekolah. Faktor eksternal yaitu keluarga dan lingkungan, pengaruh negatif gagdet.
Dan adapun solusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi kendala-kendala dalam meningkatkan religiusitas siswa di MA Darul Ulum Pringsewu sebagai berikut yang pertama melakukan monitoring terhadap siswa dan membangun kerjasam antara wali kelas dan wali murid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 03:13 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 03:13 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/890 |
Actions (login required)
View Item |