Dini, Yuliana (2020) Strategi Guru dalam Pembelajaran bagi Siswa Disleksia di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1 - Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (262kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2 - BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
3 - BAB Akhir (Penutupan).pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (126kB) |
|
Text (Skripsi Full text)
5 - Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Disleksia merupakan kesulitan belajar membaca spesifik oleh siswa yang sering terdiagnosis di jenjang sekolah dasar. Kesulitan yang dialami siswa ini akan mempengaruhi perkembangan belajar siswa di masa yang akan datang. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh seorang guru. Memahami kondisi siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran menjadi poin penting. Sebagaimana yang dilakukan oleh guru kelas di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri pada siswa disleksia di kelas C1. Guru kelas memilih dan menerapkan metode pembelajaran dengan tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana strategi yang dipilih guru dalam pembelajaran bagi siswa disleksia di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari? 2) Bagaimana penerapan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran bagi siswa disleksia di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari? Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi yang dipilih oleh guru serta penerapan strategi yang telah dipilih.
Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Kemudian penulis melakukan pengujian intensif dengan menggunakan berbagai sumber bukti yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini ialah, 1) Strategi yang dipilih guru dalam pembelajaran bagi siswa disleksia yaitu dengan menggunakan metode eja dan kesan neurologi. 2) Penerapan strategi yang digunakan guru: pertama, pelaksanaan metode eja diawali dengan guru menyebutkan setiap kata pada huruf yang dipelajari, kemudian siswa mengikutinya. Setelah itu, guru membunyikan masing-masing huruf untuk mempermudah siswa dalam mengenali huruf. Kedua, pelaksanaan metode kesan neurologis diawali dengan guru membaca bersama siswa, kemudian secara perlahan guru menghilangkan suaranya. Sehingga hanya suara siswa yang terdengar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pembelajaran, Disleksia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 06:39 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 06:39 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/86 |
Actions (login required)
View Item |