STRATEGI PEMBERIAN RANGKUMAN SKEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI. MAMBAUL ULUM KABUPATEN PROBOLINGGO

Moch, Thosan (2020) STRATEGI PEMBERIAN RANGKUMAN SKEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI. MAMBAUL ULUM KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya harus menyelenggarakan proses pembelajaran melalui strategi atau metode agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Fokus masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana strategi pemberian rangkuman skematik untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Mambaul Ulum Kabupaten Probolinggo?, 2) Apakah faktor-faktor penghambat strategi pemberian rangkuman skematik untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Mambaul Ulum Kabupaten Probolinggo? Sedangkan tujuannya untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi pemberian rangkuman skematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa beserta hambatannya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana penelitian ini melakukan penyelidikan dengan menggambarkan keadaan objek maupun subjek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya dengan data-data berupa kata-kata atau lisa oleh orang atau prilaku yang dapat diamati.
Hasil dari penelitian itu adalah: 1) strategi guru dalam pemberian rangkuman skematik di MI Mambaul Ulum Kabupaten Probolinggo diawali dengan pemetaan gaya belajar siswa, diobservasi metode apa yang paling disukai dalam suasana belajar siswa dan dilanjutkan dengan langkah-langkah yang berorientasi sekaligus berproyeksi kepada hasil belajar siswanya secara optimal, 2) Strategi pemberian rangkuman skematik untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Mambaul Ulum Kabupaten Probolinggo berjalan secara baik dan menemukan hasil belajar yang positif. 3) adanya keterbatasan kemampuan siswa, keterbatasan pengawaasan dari pihak madrasah dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar menjadi suatu hambatan terhadap hasil belajar siswa, 4) dari berbagai hambatan yang dihadapi madrasah dapat diminimalisir dengan memberikan tambahan belajar bagi anak tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Rangkuman Skematik, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:39
Last Modified: 12 Aug 2020 12:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item