Nurul, Kamal (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV DI MIN 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
2.pdf - Published Version Download (571kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
3.pdf - Published Version Download (296kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4.pdf - Published Version Download (394kB) |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional. Namun mata pelajaran matematika jarang ada yang diminati oleh siswa, sehingga matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan oleh TIMSS (Trends in International Mathematics and Sciens Study) yang mengukur kemampuan anak-anak kelas IV dalam bidang Matematika dan IPA. Hasil riset tersebut menempatkan indonesia di peringkat 45 dari 50 Negara. Salah satu faktor penyebab indeks literasi matematika rendah yaitu kurikulum pendidikan di Indonesia belum menekankan pada pemecahan masalah, melainkan pada hal-hal prosedural. Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) adalah suatu pendekatan yang bisa menuntun siswa dari keadaan yang konkrit menuju konsep-konsep mtematika dengan mengembangkan pola berpikir praktis, logis, kritis, dan jujur.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah seberapa besar pengaruh pendekatan matematika realistik Indonesia terhadap pemecahan masalah matematis siswa kelas IV di MIN 1 Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan matematika realistik Indonesia terhadap pemecahan masalah matematis siswa kelas IV di MIN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan pengambilan subjek menggunakan teknik sampling purposis.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemecahan masalah matematis siswa pada post-test mengalami peningkatan skor rata-rata jika dibandingkan dengan pre-test yaitu 48,14 (pre-test) meningkat menjadi 68, 03 (post-test). Sedangkan untuk hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0,3739 ataudalam kriteria sedang setelah diimplementasikan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMRI, pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 11:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 11:21 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |