AURISTA, SHEFTIA AMERTHA (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN ASPEK SPIRITUAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) WIRA KUSUMA PRIGEN. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (476kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 (PENUTUP, KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (309kB) |
|
Text (BAB AKHIR SKRIPSI FULL AURISTA)
TUGAS ILMIAH UTUH (AURISTA).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran wajib di dalam satuan lembaga sekolah yang berisi mengenai ajaran Agama Islam, yang melibatkan peserta didik berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma Prigen untuk mengembangkan Aspek Spiritual yang dimiliki setiap individu.
Penelitian berfokus pada : (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Aspek Spiritual Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma, (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Aspek Spiritual Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma, (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Aspek Spiritual Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma Prigen menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan kurikulum 2013 yang mendukung peserta didik berkebutuhan khusus untuk mendapatkan hak belajar yang sama dengan peserta didik lainnya, (2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma Prigen dilakukan satu kali dalam satu minggu, dan dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran serta menyederhanakan bahasa dan cara mengajar untuk membuat peserta didik berkebutuhan khusus memahami akan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Luar Biasa Wira Kusuma Prigen dilakukan dengan cara assessment yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus dan untuk mengetahui metode apa yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Aspek Spiritual, Anak Berkebutuhan khusus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 06:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 06:58 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/814 |
Actions (login required)
View Item |