NURIL, AINUN NADLIROH (2021) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISTEM KREDIT SEMESTER DI MADRASAH TSANAWIYAH CERDAS ISTIMEWA (CI) AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (403kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (490kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (368kB) |
|
Text (SKRIPSI NURIL AINUN FULL)
Skripsi_Nuril Ainun N FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Semua orang tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya Pendidikan. Dengan Pendidikan inilah yang akan membawa kita pada Evaluasi Pembelajaran. Yang mana pada Pembelajaran Aqidah Akhlak akan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan pada siswa, pada Pembelajaran ini juga tidak hanya mengedepankan pengetahuannya saja namun untuk mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada Sistem Kredit Semester (SKS) ini peserta didik dapat menentukan mata pelajaran yang akan diikuti setiap semester berdasarkan bakat, minat, dan kemampuan / kecepatan belajarnya.
Penelitian berfokus pada : (1) Bagaimana Pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS) pada pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Istimewa (CI) Amanatul Ummah. (2) Bagaimana Pelaksanan Evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak pada Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Istimewa (CI) Amanatul Ummah.
Berdasarkan hasil penilitian dengan menggunakan metode Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilkukan dengan teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data.
Adapun temuan penelitian ini adalah 1) Pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS) pada pembelajaran Aqidah Akhlak, yakni: a.) Menerapkan program SKS (Sistem Kredit Semester) sejak tahun 2007 sampai sekarang. b) Berbasis kurikulum 2013 yang menekankan kepada peserta didik untuk lebih aktif, inovatif dan kreatif. c) Serta siswa harus mampu menyelesaikan materi UKBM dalam satu semester selama kurang lebih 3 bulan. d) Menggunakan metode Ceramah, tanya jawab dan diskusi. e) Selalu mengembangkan RPP dan Silabus. f) Pembelajaran dilaksanakan dari jam 07.00 – 16.00 WIB dari hari Senin sampai Sabtu. g) Terdapat berbagai macam Olimpiade guru maupun siswa. h) Terdapat Apel Pagi, yang mana Apel Pagi tersebut bukan pada umumnya namun kegiatan istighosah dengan maminta tolong kepada Allah dengan memggumakan bacaan Ssurat Yasin.
2) Sedangkan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Sistem Kredit, yaitu: a) Terdapat 3 unsur penilaian, yaitu Kognitif/Pengetahuan, Afektif, dan Psikomotorik/Keterampilan. b) Penilaian Ulangan Harian. c) Penilaian UAS. d) Penilaian Lisan dan Tulis. e) Penialaian UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) f) Terdapat Sistem Dhaurah/Pengulangan. g) Terdapat Tim MGMP. h) Dalam Kinerja Guru selalu terdapat Evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran, Aqidah Akhlak, SKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 07:52 |
Last Modified: | 21 Aug 2021 07:52 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/810 |
Actions (login required)
View Item |