Rofi'i, Rofi'i (2020) Implementasi Metode Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Mi Mirqotul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (43kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kajian tentang metode pembelajaran yang diselenggarakan di kelas menjadi kajian yang penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus meningkatkan ketrampilan mengajar guru. Banyak kasus lemahnya hasil belajar siswa dan kurangnya daya serap peserta didik bersumber dari pemilihan strategi dan metode yang tepat saat guru menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Berdasarkan temuan De Porter, quantum learning merupakan seperangkat metode dan falsafah belajar yang telah terbukti efektif di sekolah dan bisnis bekerja, untuk semua tipe orang dan segala usia. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi metode Quantum Learning di MI Mirqotul Ulum Probolinggo serta apa saja kelebihan dan kekurangan metode Quantum Learning di MI Mirqotul Ulum Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana penelitian ini melakukan penyelidikan dengan menggambarkan keadaan objek maupun subjek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya dengan data-data berupa kata-kata atau lisan oleh orang atau prilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini adalah 1. Penerapan metode quantum learning telah menambah keberdayaan pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Bentuk quantum learning sudah bisa dirasakan dan berlangsung sejak lama tanpa disadari oleh para Guru PAI di MI Mirqotul Ulum Liprak Probolinggo dengan mengedepankan penciptaan suasana belajar yang menyenangkan. 2. Kelebihan metode quantum learning di MI Mirqotul Ulum Probolinggo diantaranya adalah: a. Memberikan dampak yang positif bagi meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. b. Tidak perlu waktu lama untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan siswa dengan cepat menangkap penjelasan dari guru. c. Dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sedangkan kekurangan Metode quantum learning di MI Mirqotul Ulum Probolinggo diantaranya adalah: a. Tidak semua dewan guru yang faham tentang implementasi metode quantum learning, sehingga perlu persiapan yang cukup matang dan terencana. b. Tidak semua guru memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi keterampilan siswa dan c. Perlu adanya peralatan, tempat dan biaya yang cukup
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 10:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 10:01 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/81 |
Actions (login required)
View Item |