KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCAPAI KEPUASAN PELANGGAN/ PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto)

Novira, Arafah (2020) KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCAPAI KEPUASAN PELANGGAN/ PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak 1.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Full Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan bagian dari lembaga pendidikan baik berbasis umum maupun keislaman. Hal ini menimbulkan effect yang bentuknya dinyatakan dengan kepuasan peserta didik pada lembaga pendidikan. Hal ini terjadi di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto yang mana lembaga pendidikan membutuhkan perhatian maksimal dalam upaya memberikan kepuasan sesuai dengan harapan pada kenyataan yang diinginkan peserta didik selaku pelanggan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kualitas pelayanan pendidikan di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto? 2) Bagaimana kepuasan pelanggan/peserta didik pendidikan di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto, dan 3) Apa faktor pendukung kepuasan pelanggan/peserta didik di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto. Sedangkan tujuan dari penelitian ialah untuk menjelaskan dan menganalisis kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan/ peserta didik, dan faktor pendukung kepuasan pelanggan/peserta didik di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendektan studi kasus (case study). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kualitas pelayanan pendidikan islam di Yayasan Surban MTs Pacet sudah baik, walaupun belum secara keseluruhan. Artinya masih ada yang harus dibenahi untuk mencapai kualitas yang semakin baik dari masa ke masa. Hal ini ditunjukkan dengan peran aktif dari seluruh elemen pendidikan yang melalui kerjasama dan perbaikan yang berkelanjutan, (2) Kepuasan pelanggan pendidikan/peserta didik di Yayasan Surban MTs Pacet sudah terpenuhi, ditandai dengan hasil akhir yang mencadi acuan, peningkatan hafalan dan ketersedian mengikuti jam pelajaran tambahan. Walau masih ada beberapa diantaranya yang menyatakan masih belum merasa cukup baik dari sarana fisik maupun non fisik yang ada di lembaga, (3) Faktor yang paling mendukung kualitas pelayanan dalam mencapai kepuasan pelanggan/peserta didik di Yayasan Surban MTs Pacet ialah komunikasi yang terjalin baik antara pihak madrasah dan orang tua baik secara langsung ataupun tidak, seperti melalui social media, serta support dari berbagai pihak yang tak terkecuali motivasi yang konsisten dari dalam diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pendidikan Islam dan Kepuasan Peserta didik
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Aug 2021 06:23
Last Modified: 19 Aug 2021 06:23
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item