HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS II DI MI DWI DASA WARSA

Eitriani, dwi rahayu (2020) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS II DI MI DWI DASA WARSA. Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa”..

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I fitriani.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V fitriani.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA fitriani.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Skripsi Fitriani Full)
skripsi fitriani dwi rahayu full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan di Indonesia ada beberapa aspek yang harus dipenuhi agar dapat mengahasilkan siswa yang bermutu. Aspek tersebut berupa kognitif ataupun ilmu pengetahuan, afektif ataupun sikap dan psikomotor ataupun gerak kearah yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa harus ada perbaikan dalam langkah mencapai kesinambungan ketiga aspek tersebut. Salah satu faktor yang menjadi kendala dalam tiga aspek tersebut adalah bullying. Bullying merupakan sikap menggunaan kekuasaan ataupun kekuatan dari seseorang ataupun kelompok untuk menyakiti. Bullying sering dilakukan oleh kelompok yang merasa kuat dan berkuasa, korbannya siswa-siswa yang lemah dalam hal fisik, kognitif dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal siswa dengan perilaku bullying Pada Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Dengan populasi yaitu seluruh siswa MI Dwi Dasa Warsa yang berjumlah 272 siswa dan sampelnya yaitu seluruh siswa kelas II A dan II B yang berjumlah 46 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal dan juga perilaku bullying pada siswa kelas II MI Dwi Dasa Warsa termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa t hitung < t tabel (0,219 < 0,291) maka, Ha ditolak dan Ho diterima yang artinya kecerdasan interpersonal tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku bullying pada siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kecerdasan interpersonal, bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:29
Last Modified: 21 Jul 2021 07:29
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item