Eitriani, dwi rahayu (2020) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS II DI MI DWI DASA WARSA. Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa”..
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I fitriani.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V fitriani.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA fitriani.pdf - Published Version Download (235kB) |
|
Text (Skripsi Fitriani Full)
skripsi fitriani dwi rahayu full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan di Indonesia ada beberapa aspek yang harus dipenuhi agar dapat mengahasilkan siswa yang bermutu. Aspek tersebut berupa kognitif ataupun ilmu pengetahuan, afektif ataupun sikap dan psikomotor ataupun gerak kearah yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa harus ada perbaikan dalam langkah mencapai kesinambungan ketiga aspek tersebut. Salah satu faktor yang menjadi kendala dalam tiga aspek tersebut adalah bullying. Bullying merupakan sikap menggunaan kekuasaan ataupun kekuatan dari seseorang ataupun kelompok untuk menyakiti. Bullying sering dilakukan oleh kelompok yang merasa kuat dan berkuasa, korbannya siswa-siswa yang lemah dalam hal fisik, kognitif dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal siswa dengan perilaku bullying Pada Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Dengan populasi yaitu seluruh siswa MI Dwi Dasa Warsa yang berjumlah 272 siswa dan sampelnya yaitu seluruh siswa kelas II A dan II B yang berjumlah 46 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal dan juga perilaku bullying pada siswa kelas II MI Dwi Dasa Warsa termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa t hitung < t tabel (0,219 < 0,291) maka, Ha ditolak dan Ho diterima yang artinya kecerdasan interpersonal tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku bullying pada siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan interpersonal, bullying |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 07:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 07:29 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/794 |
Actions (login required)
View Item |