PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FPB DAN KPK MELALUI CTL PADA SISWA KELAS IV MI DWI DASAWARSA KETAPANRAME TRAWAS

yuliana, ika putri (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FPB DAN KPK MELALUI CTL PADA SISWA KELAS IV MI DWI DASAWARSA KETAPANRAME TRAWAS. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FPB DAN KPK MELALUI CTL PADA SISWA KELAS IV MI DWI DASAWARSA KETAPANRAME TRAWAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak yuliana.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I yuliana.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V yuliana.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka yuliana.pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (Skripsi yuliana full)
skripsi yuliana ika putri full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan bagian penting untuk mewujudkan salah satu tujuan dari negara yang mana mencerdaskan penerus bangsa. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran matematika diadakan mulai sejak sekolah dasar bahkan pembelajaran berhitung sudah dimulai sejak pendidikan usia dini hal ini bertujun untuk memberikan bekal kemampuan untuk dapat berfikir secara logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif, serta memiliki kemampuan untuk kerjasa. Oleh karena itu guru perlu menguasai berbagai metode dan memilih metode dengan tepat,sehingga guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang semenarik mungkin serta dapat meningkatkan prestasibelajar siswa pada tiap individual. Namun dalam penerapan pembelajaran Matematika masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar siswa juga rendah. Hal ini diperkuat oleh beberapa riset yang ditemukan peneliti serta hasil observasi yang didapatkan di MI Dwi Darsawarsa bawasanya siswa kelas IV yang berjumlah 30 terdapat 12 siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM sedangkan 18 siswa hasil belajarnya di bawah KKM. Berbagai upaya dalam mengatasi problematika tersebut sudah dilakukan mulai pendekatan personal sampai pengualangan materi anamun masih belum optimal, berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba mengguanakn pendekatan CTL dalam pelaksanaan pembelajaran Matematia.
Peneitian yang dilakukan guna untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Tacing and Learnig (CTL) di MI Dwi Darsa Warsa Ketapanrame trawas. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, teknik anaisis yan diterapkan yakni statistic deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang telaksanakan menyatakan bahwasanya hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II, dimana pada siklus satu hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar mencapai 73% dengan nilairata-rata 70, sedangkan pada siklus dua hasil belajar siswa dalam ketuntasan belajar mencapai 83% dengan nilairata-rata 78. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pendektan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Dwi Darsawarsa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL, Meningkatkan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:24
Last Modified: 21 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item