Wahyuni, Mariana (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS HOTS DIMENSI TAKSONOMI BLOOM TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS 4. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (263kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (438kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version Download (937kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (271kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Pada saat ini, masih belum banyak sekolah yang sepenuhnya kegiatan pembelajarannya berbasis HOTS. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti diantaranya buku ajar yang digunakan belum memuat kegiatan pembelajaran berbasis HOTS dan guru pengampu mata pelajaran juga belum sepenuhnya menguasai pembelajaran berbasis HOTS. Hal tersebutlah menjadi salah satu masalah pokok yang dialami oleh sekolah MI Dwi Dasa Warsa yang menjadi tempat tujuan peneliti.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun buku ajar berbasis HOTS dengan dimensi Taksonomi Bloom untuk siswa Kelas 4 di MI Dwi Dasa Warsa. Pengembangan buku ini
hanya terbatas pada mata pelajaran tematik yaitu tema 8 subtema 1 untuk kelas 4. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai kelayakan buku ajar sebelum dilakukan penyebaran secara luas.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan 4-D Model Thiagarajan. Pendekatan ini memiliki 4 tahap dalam penelitian dan pengembangannya yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Buku ajar ini divalidasi oleh 2 ahli materi (dosen ahli materi dan guru mata pelajaran), 1 ahli media dan 24 siswa yang menjadi objek penelitian. Buku ajar diuji cobakan pada 24
siswa kelas 4 MI Dwi Dasa Warsa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada guru mata pelajaran dan beberapa siswa kelas 4. Kelayakan buku ajar ini
dikategorikan dalam 5 kategori yaitu, sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik dan tidak baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar ini secara
keseluruhan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil validasi oleh dosen ahli materi dengan total skor (X) lebih besar dari total skor pembanding (138>104,95) dan masuk dalam kategori nilai A atau sangat baik dan hasil validasi oleh guru mata pelajaran dengan total skor (X) lebih besar dari total skor pembanding (167>104,95) dan masuk dalam kategori nilai A atau sangat baik.
Sedangkan hasil validasi oleh ahli media mendapat total skor (X) lebih besar dari total skor pembanding (106>72) dan juga masuk dalam kategori nilai A atau sangat baik.
Validasi oleh siswa dengan penghitungan SPSS Person Correlation menunjukkan semua skor telah mencapai lebih dari 0,05 dan bisa dikatakan valid. Sedangkan hasil
nilai belajar pre-test dan post-test yang telah dihitung dengan SPSS Paired Sample T Test menunjukkan nilai rata-rata pre-test sebesar 78,54 sedangkan pada post-test
menunjukkan nilai rata-rata sebesar 86,79 sehingga ada kenaikan nilai rata-rata sebesar 8,25. Dan pada nilai signifikansi (2-tailed) adalah p=0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil pre-test dan post-test mengalami perubahan yang signifikan (berarti). Berdasarkan perhitungan dari pre-test dan post-test ada perbedaan dan terbukti hasil post-test lebih tinggi dari pada hasil pre-test
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar, HOTS, Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:46 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:46 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/770 |
Actions (login required)
View Item |