Islamiyah, Islamiyah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA CARD SORT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI ADHA AL USRAH KELAS III MI MIFTAHUL ULUM I GONDANG. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (329kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (221kB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (74kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu dari sarana untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah masih kurang, hal ini dikarenakan guru kurang variatif dalam praktek pembelajaran bahasa arab, sehingga menyebabkan siswa merasa kurang bersemangat, jenuh dan bosan serta berakibat pada hasil belajar siswa yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Untuk memberbaiki perlu digunakan media yang menarik salah satunya adalah media card sort. Dengan menggunakan media ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam penelitian ini yang dikaji adalah masalah Bagaimana penerapan media card sort dalam pembelajaran Bahasa Arab materi Adha Al Usrah (anggota keluarga) di MI.Miftahul Ulum I Gondang?. Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam penerapan media card sort pada pembelajaran Bahasa Arab materi tentang Adha Al Usrah (anggota keluarga) di MI.Miftahul Ulum I Gondang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penggunaan media card sort dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab materi Adha Al Usrah siswa kelas III MI Miftahul Ulum I Gondang. 2019/2020. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa arab materi Adha Al Usrah siswa kelas III MI Miftahul Ulum I Gondang. 2019/2020.
Metode penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan sebanyak dua siklus , setiap siklus ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap obsevasi dan tahap refleksi. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan data observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduks data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. pencapaian keberhasilan penelitian ini adalah penguasaan materi dan hasil belajar peserta didik mencapai 70 % dengan nilai KKM 70.
Hasil dari penelitian dapat diketahuai bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama penggunaan media card sort pada materi Adha Al Usrah, hal ini diketahui dari hasil siklus I ke siklus II, pada siklus I siswa memperoleh nilai tuntas13 siswa atau 65% nilai yang tidak tuntas adalah 7 siswa atau 35 %. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas 16 siswa atau 80%, terjadi peingkatan 15 %. Disimpulkan bahwa penggunaan media card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media,card sort |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 12:09 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 12:09 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/761 |
Actions (login required)
View Item |