sulthon, Arobi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSION) TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS 4 DI MIN 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (262kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Full Skripsi)
Tugas Akhir.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini merupakan salah satu dari tipe model pembelajaran kooperatif. Model ini menggunakan kelompok kecil dengan jumlah anggota kelompok 4-5 peserta didik yang dipilih secara acak. Urutan penggunaan model ini adalah diawali dengan penyampaian tujuan, kegiatan kelompok, kuis, dan reward. Karakter adalah penerapan nilai-nilai kebaikan yang ada dalam diri individu. Seseorang bisa dikatakan berkarakter apabila bisa melakukan nilai-nilai kebaikan . Dan sebaliknya apabila seseorang tidak melakukan kebaikan dan melakukan nilai-nilai keburukan itu dikatakan tidak berkarakter.
Skripsi ini membahas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divission) terhadap pembentukan nilai karakter tanggung jawab peserta didik kelas 4 di min 1 mojokerto. penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divission) terhadap pembentukan nilai karakter tanggung jawab peserta didik kelas 4 di MIN 1 MOJOKERTO. 2) Mengetahui respon peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divission).
Penelitian ini menggunakan metode expost facto. Populasi adalah seluruh anak kelas 4 a MIN 1 Mojokerto tahun ajaran 2019/2020. Sampel ini menggunakan purposive sampling.metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Dan mengujian uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji realibilitas, dan uji T.
hasil analisis data yang digunakan mendapat kesimpulan bahwa 1) berdasarkan uji t yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa nilai signifikan dari pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap nilai karakter tanggung jawab adalah 0,063 > 0,05 dan nilai t hitung 1,939 < t tabel 2,048. Hipotesisnya negatif Ho dan positif Ha. Dengan demikian terdapat pengaruh dari pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai karakter tanggung jawab. 2) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di MIN 1 Mojokerto berjalan dengan cukup baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 09:09 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 09:09 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/750 |
Actions (login required)
View Item |