STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SISWA SHALAT BERJAMAAH DI SMA ISLAM AL-ISHLAH BESUKI SITUBONDO

SURYADI, SURYADI (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SISWA SHALAT BERJAMAAH DI SMA ISLAM AL-ISHLAH BESUKI SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. sURYADI_Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. sURYADI_Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
3. sURYADI_Bab V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. sURYADI_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (TESIS FULL TEKS)
5. sURYADI_Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kami melihat dari situasi dan kondisi yang tercipta di SMA Islam Al-Ishlah Besuki Situbondo ini, membuat peneliti tertarik dan penasaran, strategi apakah yang dipakai oleh guru pendidikan agama Islam dalam membiasakan siswanya shalat berjamaah.
Oleh karena itu, peneliti sangat tertarik membuat penelitian dengan judul : Strategi Guru Pendidikan agama Islam dalam Membiasakan Siswa Shalat berjamaah di SMA Islam Al-Ishlah Besuki Situbondo.
Sehingga muncullah fokus penelitian pada pelaksanaan strategi, implikasi dan faktor pendukung serta penghambat dari program pembiasaan shalat berjamaah siswa SMA Islam Al-Ishlah Besuki dengan tujuan untuk menganalisis : pelaksanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membiasakan siswa shalat berjamaah, bagaimana implikasinya dan faktor pendukung serta penghambat dari program tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dari jenis penelitian lapangan (field research), peneliti menggunakan pendekatan yuridis, pedagogis, psikologis dan filosofis dengan sumber data sekunder dan primer. Untuk mencari data yang objektif, maka peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengelolaan dan analisis data, peneliti memakai reduksi, display dan verifikasi data, dalam pengujian keabsahan data, menggunakan triangulasi.
Kemudian hasil dari penelitian ini adalah : 1. Strategi guru pendidikan agama Islam dengan memberikan penegasan tentang pentingnya shalat berjamaah dan hikmah serta memberikan motivasi agar dapat melaksanakan shalat dengan khusyu. 2. Implikasi guru pendidikan agama Islam dari pembiasaan siswa shalat berjamaah yaitu sebagai pembina, pemberi contoh dan sebagai pemberi sanksi. 3. Menjalin kerjasama antara kepala sekolah dengan guru pendidikan agama Islam sebagai pendukung dan sekaligus meminimalisir faktor penghambat dari program pembiasaan shalat berjamaah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Membiasakan Shalat Berjamaah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 13 Feb 2021 10:29
Last Modified: 13 Feb 2021 10:29
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item