STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS TUHFATUL ULUM PLALANGAN SUMBERMALANG SITUBONDO

Mohamad, Anwari (2020) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS TUHFATUL ULUM PLALANGAN SUMBERMALANG SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Anwari_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Anwari_Tesis Bab I.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
3. Anwari_Tesis Bab V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Anwari_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Tesis Full Teks)
5. Anwari_Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Tuhfatul Ulum Plalangan Sumbermalang Situbondo, dengan fokus penelitian pada 1) Bagaimana Implementasi strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan; 2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan; 3) Bagaimana model pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan 1) Langkah-langkah strategi kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan; 2) Kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan 3) Model pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua bentuk yaitu primer dan sekunder dengan sumber data sebagai informan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan semua guru di sekolah tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah memakai teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data atau validitas data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah melalui teknik triangulasi.
Implementasi strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Tuhfatul Ulum Sumbermalang Situbondo, kepala madrasah telah melakukan strategi formal dengan mengikutsertakan para guru diklat, kursus, MGMP dan lain-lain. Selain strategi formal, juga melakukan strategi non formal yaitu dengan memberi motivasi, melengkapi sarana prasarana dan lain-lain. Namun di setiap pekerjaan pasti ada kendala, yaitu pada kekurangan sarana prasarana dan kekurangan pengetahuan sebagian guru terhadap Ilmu teknologi komputer. Sedangkan model yang digunakan di lembaga ini adalah model Pengembangan In-Service Education / In Service Training dalam meningkatkan Profesional Guru, sehingga dengan model tersebut yang dipakai oleh stekholder madrasah sebagai strategi Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Tuhfatul Ulum Plalangan Sumbermalang Situbondo begitu sukses walau masih ada kendala dan hambatan yang menyertai, namun mutu pendidikan tidak pernah terganggu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Madrasah, Pengembangan Kompetensi Profesional Guru, Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 28 Jan 2021 10:32
Last Modified: 28 Jan 2021 10:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item