MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK Di MAN 1 MOJOKERTO

Hajriana, Hajriana (2020) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK Di MAN 1 MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sarana prasarana merupakan salah satu faktor penting dalam dunia pendidikan. Maka, manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya prestasi peserta didik. MAN 1 Mojokerto merupakan salah satu sekolah yang telah lama berdiri dan cukup terkenal. Namun, pada kenyataannya masih terdapat sarana dan prasarana pendidikan yang tidak layak pakai. Hal ini menunjukkan masih belum optimalnya manajemen sarana dan sarana pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti di MAN 1 Mojokerto, dengan merumuskan masalah penelitian 1) Bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan pretasi peserta didik? 2) Bagaimana upaya strategis untuk mengatasi kendala pada manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 1 Mojokerto?
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi, penyajian dan cetivikasi data. Untuk menguji keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability.
Hasil penelitian menunjukkan 1) MAN 1 Mojokerto telah melakukan manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Namun masih terdapat kekurangan didalamnya misalnya pada tahap pemeliharaan dan penyimpanan sarana dan prasarana, masih diperlukan usaha yang keras untuk dapat mengoptimalkan kegiatan tersebut . 2) Kendala yang dihadapi adalah kurangnya anggaran dan kesadaran dari para peserta didik untuk memelihara, menjaga serta merawat sarana dan prasarana pendidikan yang ada dimadrasah. Adapun upaya strategis yang dilakukan yakni anggaran yang masih minim disiasati dengan menyusun perencanaan dengan baik. Skala prioritas dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang kurang dibutuhkan. Selain itu, sekolah juga melakukan pengotimalan pengelolaan kantin sekolah. Mengumpulkan dana dari wali murid, yang sifatnya tidak memaksa sesuai dengan kemampuan para wali murid. Selanjutnya terkait denga kesadaran peserta didik, dengan memberikan pengarahan atau sosialisasi kepada para peserta didik tentang pentingnya untuk menjaga, memelihara dan merawat sarana dan prasarana sekolah. Mengadakan lomba kebersihan. Memberikan contoh sikap yang baik kepada para peserta didiknya dengan cara para pendidik dan para pegawai sekolah lainnya untuk turut serta dalam menjaga kebersihan, merawat dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, sarana, prasarana dan prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 12 Aug 2020 05:36
Last Modified: 12 Aug 2020 05:36
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item