PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AMANATUL QUR’AN

Usfi Putri, Aminah (2020) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AMANATUL QUR’AN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (802kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peran guru adalah membantu para peserta didik untuk mengubah tingkah lakunya sesuai
dengan arah yang di inginkan. Dalam hal ini terdapat dua faktor utama, yakni proses (perubahan
tingkah laku) dan kriteria (arah yang diinginkan secara khusus) yang dirumuskan dalam tujuan
pendidikan. Sedangkan Kenakalan adalah tingkah laku secara ringan yang menyalahi norma yang
berlaku dalam suatu masyarakat. kenakalan remaja memiliki definisi remajsa perilaku remaja yang
menjelajahi aturan sosial di lingkungan masyarakat tertentu.
Penelitian ini bertujuan guna mengungkapkan Peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi
kenakalan peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an, dengan sub fokus
menvcakup : 1) menganalisis peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan peserta didik
di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an, 2) mengidentifikasi pendekatan yang dilakukan
guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan
Amanatul Qur’an,
Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan rancangan studi multikultural.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi.
Adapun instrumen yang membantu dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Teknis analisis
meliputi Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Kepala
madrasah, Waka Kesiswaan, Guru Aqidah Akhlak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi
kenakalan peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an, yaitu
memberikan kebijakan terkait, mengajar dengan penuh tanggung jawab, serta menanamkan
karakter yang baik. 2) pendekatan guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan peserta didik di
Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an yaitu mengendalikan kenakalan peserta didik,
menunjukkan sikap tanggap, memberikan petunjuk dengan jelas(menegur dan tetap menguatkan)
serta tindak lanjut guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan peserta didik di Madrasah
Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an, pemanfaatan system, membuat jera, dan homefisit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Aqidah Akhlak, , mengatasi kenakalan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Nov 2020 10:29
Last Modified: 16 Nov 2020 10:29
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item