KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS ANALISIS KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA HADRATUSSYAIKH KH MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI

Dewi, Nur Lailatin Nisfiyah (2020) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS ANALISIS KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA HADRATUSSYAIKH KH MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB 5)
bab v.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim merupakan salah satu kitab karangan KH Muhammad Hasyim Asyari yang menjelaskan tentang pendidikan karakter. Penulis sangat tertarik untuk menganalisis kitab ini dikarenakan penulis dari kitab ini merupakan sosok KH Muhammad Hasyim Asyari merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia pendidikan. Adapun judul dari penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Karakter Integritas Analisis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asyari. Sedangkan untuk fokus penelitian mengenai pendidikan karakter menurut KH Muhammad Hasyim Asyari dan bagaimana konsep pendidikan karakter integritas yang terdapat dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim menurut KH Muhammad Hasyim Asyari.
Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui dan memahami bagaimana konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim serta tujuan kedua peneliti ingin menganalisis tentang konsep karakter integritas yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan). Untuk data penelitian mengambil dari data primer dan data sekunder. Untuk data primer mengambil dari kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan sumber sekunder diambil dari buku,jurnal, majalah, dan apapun yang ada sangkut-pautnya dengan kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim. Dalam sistematika yang diambil dalam menganalisis data meliputi : 1)mengorganisasi data, 2) menentukan pola dan tema, dan 3) analisis data.
Hasil penemuan yang didapat dari kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim terdapat 7 karakter yakni: 1) karakter pribadi seorang murid. 2) karakter murid kepada guru. 3) karakter murid dalam belajar.4) karakter pribadi seorang guru.5) karakter guru dalam mengajar.6)karakter guru kepada murid. Dan 7) karakter kepada buku sebagai sarana ilmu.
Sedangkan hasil untuk karakter integritas yang didapat penulis dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim terdapat 3 nilai karakteristik mengenai karakter integritas, adapun nilai karakteristik tersebut adalah : 1) teguh pendirian, 2) tanggung jawab, dan 3) keteladanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Integritas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Nov 2020 10:15
Last Modified: 16 Nov 2020 10:15
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item