Ni'matul, Amaliyah (2020) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AMANATUL QUR'AN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (cover dan abstrak)
01- cover Abstrak.pdf - Published Version Download (631kB) |
|
Text (BAB I)
02- BAB 1.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (BAB V)
03- BAB V.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
04- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (karya ilmiah utuh)
05- karya ilmiyah utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Namun seiring berkembangnya zaman nilai-nilai kedisiplinan semakin memudar dan tata tertib hanya sebagai simbol saja yang tidak mempunyai kekuatan untuk mengatur kehidupan sekolah. Madrasah Amanatul Qur’an menjadi rujukan bagi sekolah atau lembaga pendidikan lain dalam menerapkan kurikulum.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penanaman nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an dengan sub fokus mencakup : (1) Penanaman nilai-nilai kedisiplin pada peserta didik, (2) Strategi dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Data-data penelitian ini didapat dari warga Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an yang dapat memberikan informasi mengenai Strategi penanaman nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an. permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kulitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an sudah ditetapkan peraturan-peraturan yang dapat membentuk kedisplinan siswa itu sendiri salah satunya dengan diadakan hukuman bagi pelanggaran pada setiap tata tertib yang berlaku, adanya pengontrolan dari guru, guru bidang kesiswaan dan Kepala Sekolah serta adanya peringatan, pengarahan, bimbingan, dan pembinaan terhadap kesadaran siswa akan kedisiplinan. 2) Strategi penanaman nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Qur’an dimulai dari keteladanan seorang guru yang mencontohkan nilai-nilai kedisiplinan terhadap siswa dan memperbaiki sistem penerapan kedisiplinan, dilakukan dengan membuat Peraturan dan Tata Tertib Sekolah, Apabila terdapat pelanggaran maka hukuman yang diberikan memakai jenis strategi dengan tidak menggunakan kekerasan fisik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kedisiplinan, Peserta Didik |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 10:08 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 10:08 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/665 |
Actions (login required)
View Item |