IMPLEMENTASI BUDAYA ASWAJA AL-NADLIYYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET-MOJOKERTO

Winda, wahyuni (2020) IMPLEMENTASI BUDAYA ASWAJA AL-NADLIYYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET-MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
01 Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Tugas Ilmiah Utuh)
05 tugas ilmiah utuh..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan karakter melalui budaya Aswaja merupakan salah satu upaya dalam memperkenalkan serta menanamkan budaya Aswaja kepada peserta didik. Agar mereka dapat mengetahui, meyakini, menjaga serta mengamalkannya dalam pegertian menjadikannya sebagai pedoman dalam individu, masyarakat, bangsa, dan bernegara.
Peneliti merumuskan masalah yaitu 1) apa saja budaya Aswaja yang terdapat di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet-Mojokerto ?2) Bagaimana Pembentukan Karakter Tanggung Jawab di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet-Mojokerto? 3) Implementasi Budaya Aswaja al-Nadliyyah untuk Membentuk Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis Implementasi Pembentukan Karakter Tanggung Jawab melalui budaya Aswaja al-Nadliyyah pada peserta didik di Madrasah Aliyah unggulan Hikmatul Amanah Pacet-Mojokerto.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi. Informan penelitian adalah kordinator Kepala Madrasah, wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, dan guru Aswaja.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Budaya Aswaja al-Nadliyyah untuk Membentuk Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto yaitu kurikulum tahun 2013 berbasis Aswaja, terdapat budaya atau tradisi Aswaja meliputi pembacaan Istighasah dan Tahlil, sholat dhuhah, sholawat, dll. Salah satu Pembentukan karakter tanggung jawab di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah menggunakan metode pemberian tugas kepada peserta didik. Dalam Implementasi Budaya Aswaja al-Nadliyyah untuk Membentuk Karakter Tanggung Jawab dengan Budaya Aswaja sebagai pembiasaan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Budaya Aswaja, Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Nov 2020 10:01
Last Modified: 16 Nov 2020 10:01
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item