MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 1 MOJOKERTO

jailani, abdul (2020) MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Skripsi FULL)
Skripsi Jailani Fix Print.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik, diperlukan upaya untuk menanamkan kesadaran dan pembiasaan dalam pembelajaran maupun kegiatan ektrakurikuler. Sekolah ramah anak di SMPN 1 Mojokerto adalah sebagai lembaga pendidikan yang menerapkan kedisiplinan anti kekerasan menciptakan suasana yang nyaman, bersih dan ramah lingkungan. Hal ini sangat berpengaruh pada karakter peserta didik yang ingin mengembangkan bakat dan potensi yang mereka miliki. Kesadaran terhadap kedisiplinan akan berpengaruh pada proses belajar yang nantinya akan memperoleh keberhasilan.
Peneliti ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pengembangan karakter disiplin melalui sekolah ramah anak yang diterapkan di SMPN 1 Mojokerto, dengan sub fokus mencakup: (1) mendeskripsikan penegembangan karakter disiplin peserta didik di SMPN 1 Mojokerto, (2) mendeskripsikan model pengembangan karakter disiplin melalui sekolah ramah anak di SMPN 1 Mojokerto.
Penelitian ini melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti akan mewawancarai narasumber sesuai data yang ingin diambil serta akan mengobservasi lapangan secara langsung untuk mengambil dokumen yang diperlukan. Teknik menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan; teknik tringulasi sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan peneliti adalah kepala sekolah/madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru pendidikan agama Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Model pengembangan karakter disiplin melalui sekolah ramah anak tentang pembelajaran, peraturan sekolah, dan kegiatan diterapkan di SMPN 1 Mojokerto. Karakter disiplin yang diterapkan pada SMPN 1 Mojokerto berjalan sangat baik dengan adanya sekolah yang ramah anak ini. Peserta didik merasakan kenyamanan karena tidak adanya tindak kekerasan maupun intimidasi yang menyebabkan rasa khawatir dan merasa terancam. Meskipun terdapat sebagian kecil yang melalaikan peraturan sekolah, peserta didik akan dengan sadar melaksanakan konsekuensi yang mereka musyawarahkan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Penegembangan, karakter disiplin, sekolah ramah anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 08 Nov 2020 05:39
Last Modified: 08 Nov 2020 05:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item