IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET)

RIZA, AHMAD RIDWAN (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER Dan ABSTRAK)
01-Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
02-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
03-BAB V.pdf - Published Version

Download (755kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (764kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
05-Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

full day school merupakan istilah dari pembelajaran yang dilakukan sehari penuh. Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah merupakan lembaga yang menerapkan full day school. Dan merupakan lembaga unggulan yang memiliki prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
Penelitian berfokus pada: (1) Bagaimana sistem full day school di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah (2) Bagaimana implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak di Madarsah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Sistem full day school di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah dari pukul 06.45 sampai pukul 15.30 menggunakan kurikulum 2013 yang menekankan kepada peserta didik untuk lebih aktif, inovatif dan kreatif; 2) Adapun dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak, penyampaian materi menggunakan metode dan media yang tepat, peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan pemahaman materi yang disampaikan oleh guru, maka peserta didik semakin banyak memiiki pengetahuan, sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 08 Nov 2020 05:13
Last Modified: 08 Nov 2020 05:13
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item