NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA LEMPU’ NA GETTENG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DI KELUARGA MASYARAKAT BUGIS (Studi Pada Keluarga Bugis di Lingkungan Binangaliu Kelurahan Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar)

Muhammad, Arif (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA LEMPU’ NA GETTENG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DI KELUARGA MASYARAKAT BUGIS (Studi Pada Keluarga Bugis di Lingkungan Binangaliu Kelurahan Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam
lempu’na getteng serta implementasinya dalam membentuk karakter di keluarga masyarakat
bugis di lingkungan binangaliu kelurahan Manding kecamatan polewali kabupaten polewali
mandar. Menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini
mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam terwujud dalam kehidupan sehari-hari
masyarakat bugis, dan implementasinya dalam membentuk karakter jujur di keluarga bugis.
Adapun tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Menganalisis nilai-nilai Pendidikan Islam
yang terkandung dalam Lempu na Getteng. 2)Menganalisis upaya pembentukan karakter jujur
melalui Lempu na Getteng pada masyarakat Bugis, khususnya di Lingkungan Binangaliu,
Kelurahan Manding. 3) Menganalisis implementasi Lempu’ na Getteng dalam membentuk
karakter jujur melalui pendidikan keluarga masyarakat Bugis khususnya di Lingkungan
Binangaliu, Kelurahan Manding.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lempu’na getteng mencakup beberapa nilai
utama pendidikan Islam, yaitu nilai tauhid/akidah, nilai akhlak, dan nilai kemasyarakatan dan
pembentukan karakter jujur melalui lempu’ na getteng dilakukan melalui pembiasaan budaya,
pendidikan keluarga, serta pelestarian sastra lisan Bugis. Implementasinya di tingkat keluarga
mencakup keteladanan, pembiasaan, dan komunikasi emosional yang memperkuat ikatan
spiritual dan moral antara orang tua dan anak. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan
bahwa lempu’na getteng yang menjadi prinsip hidup orang bugis, mencerminkan nilai-nilai
pendidikan islam yang esensial, memperkuat hubungan baik kepada Allah dan sesama
manusia. Dan pembentukan karakter jujur melalui nilai lempu’na getteng yang dijadikan
fondasi pembentukan karakter, terutama kejujuran melalui penguatan budaya lokal, pendidikan
keluarga, dan pelestarian sastra lisan seperti pappaseng dan warekkada yang ditanamkan
dalam tiga dimensi yaitu: lempu’lao ri dewata sewwae (jujur karena kesadaran pengawasan
Allah), lempu’ripadanna rupa tauwwe (jujur terhadap sesama manusia), lempu’ ri aleta (jujur
terhadap diri sendiri). Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memahami integrasi
nilai-nilai Islam dalam budaya lokal dan memperkaya kajian pendidikan Islam dalam konteks
tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Lempu’na Getteng, Karakter Jujur, Pendidikan Keluarga, Masyarakat Bugis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 19 Dec 2025 10:09
Last Modified: 19 Dec 2025 10:09
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item