Mustabsiroh, Mustabsiroh (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK ROUDHOTUL ATHFAL DARUL ULUM MANCILAN KOTA PASURUAN. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (121kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full Rahmat.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Implementasi merupakan suatu tindakan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap sempurna. Pendidikan Agama Islam adalah proses transformasi ilmu pengetahuan dan internalisasi nilai-nilai Islam dalam rangka mengembangkan fitrah dan kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik guna mencapai keseimbangan dan kesetaraan dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan pendidikan agama Islam adalah sebagai persiapan generasi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka membangun masyarakat yang makmur, dinamis, harmonis dan lestari sebagaimana Yang disyariatkan oleh Allah SWT.. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Studi kasus adalah peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program kejadian proses aktivitas terhadap satu orang atau lebih karena tujuannya untuk mendeskripsikan pembelajaran pengamalan Pendidikan Agama Islam di Roudlotul Athfal Darul Ulum Mancilan Kota Pasuruan. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti secara langsung di lokasi agar mendapat hasil yang maksimal. Pembentukan anak diimplementasikan dengan baik sejak dini kemudian dilaksanakan secara konsisten dalam masa perkembangannya dengan harapan anak tersebut akan menjadi sosok yang berkualitas dan sebaliknya. Anak adalah sosok individu unik yang mempunyai eksistensi yang memiliki jiwa sendiri serta memiliki hak untuk tumbuh kembang secara optimal sesuai yang diperoleh dari lingkungan dimana dia tinggal, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar tempat tinggal. perkembangan tersebut terjadi secara teratur mengikuti pola atau arah tertentu setiap tahap perkembangan merupakan hasil perkembangan dari tahap perkembangan selanjutnya. Ketentuan tersebut merupakan tahapan-tahapan atau pembabakan rentang perjalanan kehidupan individu yang diwarnai ciri-ciri khusus atau pola tingkah laku tertentu dalam kerangka dunia pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam. Ada beberapa cara yang digunakan dalam membentuk psikologi anak menjadi stabil dan dalam momen tertentu dapat menjadikan anak mengenal dan melaksanakan ajaran Agama Islam dalam kehidupannya, yaitu dengan memberikan pembelajaran pengembangan Agama Islam yang disampaikan dengan menggunakan metode praktikum yang dilakukan oleh Roudlotul Athfal Darul Ulum Mancilan Kota Pasuruan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI, Kecerdasan Emosional |
| Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 10:36 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 10:36 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

