Ardiyansyah, Ardiyansyah (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI KEARIFAN LOKAL BUGIS MAKASSAR (STUDI MULTISITUS DI MADRASAH ALIYAH SWASTA PONDOK PESANTREN BABUL KHAER DAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BULUKUMBA). Doctoral thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (379kB) |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (408kB) |
|
|
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (234kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
|
Text (Full Disertasi)
FULL DISERTASI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (44MB) |
Abstract
Di Indonesia, kearifan lokal mencerminkan keberagaman etnis, agama, dan budaya yang harmonis dan saling menghormati. Dalam konteks ini, penguatan sikap moderasi menjadi semakin penting sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan antara keterbukaan terhadap perubahan global dan pelestarian nilai-nilai lokal.
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengeksplorasi nilai-nilai moderasi beragama yang di internalisasikan melalui kearifan lokal Bugis Makassar, 2) Untuk menemukan proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui kearifan lokal Bugis Makasssar, 3) Untuk menganalisis bagaimana implikasi proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui kearifan lokal Bugis Makasssar di MAS PP Babul Khaer dan MAN 1 Bulukumba.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi participant, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis mengacu pada miles dan huberman. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Adapun temuan penelitian ini adalah: 1. Nilai-nilai Moderasi Beragama yang diinternalisasikan melalui kearifan lokal Bugis Makassar di MAS PP Babul Khaer dan di MAN 1 Bulukumba ada 8 nilai yaitu: a. Siri Na Pacce’ b. Lempu., c. Sipammopporang d. Sipakatau e. Sipakalebbi f. Sipakainge., g. A’Bulo sibatang h. Mali siparappe tallang sipahua., 2. Proses Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Kearifan Lokal Bugis Makassar di MAS PP Babul Khaer dan di MAN 1 Bulukumba ada 8 proses yaitu: a. pengkondisian lingkungan., b. transformasi nilai., c. transaksi nilai., d. transinternalisasi nilai., e. pembiasaan., f. keteladanan., g. pemberian hukuman dan penghargaan. h. pendekatan pengalaman., 3. Implikasi proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui kearifan lokal Bugis Makassar di MAS PP Babul Khaer Bulukumba yakni; Dari delapan nilai yang ditampilkan mengenai kearifan lokal Bugis Makassar sebagai upaya dalam penguatan sikap moderasi siswa. Beberapa Nilai menunjukkan implikasi yang signifikan dapat diadaptasikan oleh peserta didik seperti: menunjukkan sikap siswa yang saling menghormati, menampilkan kebiasaan untuk saling menghargai, menunjukkan sikap siswa yang menjunjung nilai kebersamaan dan kepedulian. Sedangkan beberapa nilai kearifan lokal butuh kepedulian dan kesadaran yang lebih mendalam lagi bagi para peserta didik untuk dapat mengamalkannya, seperti membiaskan diri untuk berperilaku jujur baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Moderasi Beragama, Kearifan Lokal, Bugis Makassar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Doktoral Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S3 PAI UAC |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:37 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:37 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

