RIDWAN, HITIMALA (2025) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 PACET. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTARK .pdf - Published Version Download (360kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 .pdf - Published Version Download (332kB) |
|
|
Text (BAB KESIMPULAN)
BAB KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
|
Text (DAFTAR PIUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (260kB) |
|
|
Text (TESIS FULL RIDWAN)
TESIS FULL RIDWAN .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sangat diharapkan bagi seorang pendidik dalam hal ini seorang guru untuk memiliki kreaktivitas bukan hanya dalam proses pembelajaran tapi juga berkaitan dengan bagaimana penggunaan teknologi yang baik agar menciptakan semangat belajar bagi peserta didik, agar prestasi yang dimiliki peserta didik memiliki perkembangan yang signifikan. Selain itu, seorang pendidik juga harus memiliki kreaktivitas diluar sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan kepramukaan, palang merah dan juga kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menganalisis kreaktivitas guru penddidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik di SMP Negeri 3 Pacet 2. Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat kreaktivitas guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik di SMP Negeri 3 Pacet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dalam metode kualitatif ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil penelitian dari penelitian ini menjelaskan bahwa, kreativitas yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik adalah: 1. Mendesain pembelajaran yang menarik 2. Menciptakan lingkungan yang menyenangkan 3. Menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik 4. Menggunakan metode pembelajaran yang variatif 5. Menggunakan teknologi dalam pembelajaran 6. Mengaitkan materi dengan kehidupan nyata 7. Memberikan tugas yang menantang 8. Menggunakan penilaian yang variatif. Sementara peningkatan prestasi non akademik adalah: 1. Cerdas cermat PAI, 2. Sholat Dhuha, 3. Baca Qur’an, 4. Hadroh. Faktor pendukungnya adalah, dari beberapa yang dijelaskan diatas semuanya diterapkan baik dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran. Faktor penghambat peningkatan prestasi akademik dan non akademik adalah: 1. Penyediaan barang yang terbatas, 2. Adanya faktor Internal dan Faktor Eksternal.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Prestasi, akademik dan non akademik |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 11:52 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 11:52 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

