Khoiril, Fajri (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA UNGGUL SABILUL RAHMAH MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (306kB) |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Akhir.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
|
Text (Skripsi Full Text)
TA Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kegelisahan akan menurunnya karakter anak menjadi salah satu isu yang semakin mendominasi pembicaraan di berbagai lapisan masyarakat dewasa ini. MA Unggul Sabilul Rahmah Mojokerto, sebagai salah satu sekolah menengah atas di Mojokerto, Jawa Timur, mencoba memberikan solusi dalam upaya membentuk karakter peserta didik. MA Unggul Sabilul Rahmah Mojokerto telah menerapkan program sekolah asrama (boarding school) yang berbeda dari sekolah-sekolah pada umumnya. Penelitian ini berfokus pada implementasi program boarding school dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Unggul Sabilul Rahmah Mojokerto. Untuk menjelaskan implementasi program tersebut secara optimal maka peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut, yaitu: 1). Bagaimana implementasi program boarding school dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Unggul Sabilul Rahmah Mojokerto? 2). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat program boarding school dalam pembentukan karakter peserta didik di MA Unggul Sabilul Rahmah Mojokerto?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi boarding school di MA Unggul Sabilul Rahmah Mojokerto mengintegrasikan pendidikan sekolah dan pesantren untuk mencapai tujuan holistik, dalam pelaksanaannya terdiri atas tiga pembinaan yaitu pembinaan ranah kognitif, pembinaan ranah afektif, dan pembinaan ranah motor skill. 2) Faktor pendukung dalam boarding school ini yaitu SDM yang berkualitas, peraturan sekolah dan pesantren yang sinkron, serta adanya kesadaran dalam diri peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam program ini yaitu latar belakang peserta didik dan turunnya komitmen dalam diri.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Boarding school, Pembentukan Karakter |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S1 PAI UKHAC |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 09:06 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 09:06 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

