Yulistiana, Yulistiana (2024) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG GRESIK. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan abstrak)
1.cover dan abstrak.docx.pdf - Published Version Download (733kB) |
|
|
Text (Bab 1 pendahuluan)
2. bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (692kB) |
|
|
Text (Bab 6 penutup)
3. bab 6 penutup.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
|
Text (Daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (522kB) |
|
|
Text (Fulltext)
fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan supervisi akademik
yang dilaksanakan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan manajemen mutu
pembelajaran pendidikan. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer
yanag berupa observasi langsung yang dilakukan di SMK Hidayatul Ummah dan
sumber data sekunder berupa data dari dokumentasi maupun observasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Penggumpulan datanya menggunankan Teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi Penganalisisannya menggunakan metode analisis
Milles & Huberman yaitu data deskriptif kualitatif dengan model interaktif
dengan cara data reduksi data lengkap baru dikelompokkan, penyajian setelah
informasi terkumpul baru menjabarkan data yang diperoleh, dan menyimpulkan
dari beebagai model tersebut barulah peneliti memiliki kesimpulan dari data yang
dikelompokan berdasarkan sumber yang ada.
Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan yaitu Pertama,
Perencanaan Pelaksanaan Supervisi Akademik yang dilaksanakan oleh Kepala
sekolah dilakukan melalui perencanaan dalam musyawarah/rapat awal tahun dan
dihadiri oleh semua Guru. Kedua, Pelaksanaan Supervisi Akademik yang
dilaksanakan oleh Kepala sekolah melalui kegiatan kunjungan kelas dan
bimbingan individua. Ketiga, Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Akademik
dilaksanakan oleh Kepala Sekolah bertujuan untuk melihat hasil kemampuan guru
dalam proses Pembelajaran.Keempat, Hasil Pelaksaan Supervisi menunjukkan
bahwa pelaksanaan supervisi akademik dilakukan kepala sekolah hasilnya adalah
rerata 85/Amat Baik. Hasil Pencapaian yang sudah baik untuk terus ditingkatkan
dan yang sudah maksimal hendaknya terus dipertahankan. Peran supervisor
memberikan petunjuk teknik danstrategi terhadap langkah-langkah dan perilaku
guru yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga prestasi peserta
didik meningkat dan meningkatnya prestasi peserta didik merupakan wujud
peningkatan mutu pembelajaran guru.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Managemen Mutu Pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:56 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:56 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

