MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

Dewi, Rahmawati Mustafa Kallu (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan AbstraK)
ca.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Tesis Full)
tesis dewi kallu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Selama ini pemerintah telah banyak memberikan akses pendidikan untuk Anak berkebutuhan Khusus (ABK) dengan memfasilitasi di sekolah-sekolah SLB. Namun keberadaan lembaga itu selama ini tidak cukup memberikan fasilitas yang memadai bagi perkembangan ABK. Manajemen merupakan kegiatan atau sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan bagi manusia. Rangkaian kegiatan inilah yang merupakan suatu proses pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya kompleks dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Manajemen pendidikan pada dasarnya merupakan suatu bentuk penerapan manajemen atau administrasi dalam hal mengelola, mengatur dan mengalokasikan sumber daya yang terdapat dalam dunia pendidikan.
Perencanaan pembelajaran pendidikan inklusi adalah perencanaan untuk menentukan model pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus berdasarkan pada kurikulum berbasis kompetensi. Model tersebut memang dirancang berdasarkan kebutuhan nyata oleh guru kelas agar dapat mengembangkan ranah pendidikan sebagai sasaran akhir pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi yaitu pada tahap ini guru melaksanakan program pembelajaran serta pengorganisasian anak berkebutuhan khusus di kelas reguler sesuai dengan rancangan yang telah disusun. Melalui individualisasi pengajaran dapat dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran yang artinya, anak belajar pada topik, waktu dan ruang yang sama, namun dengan materi yang berbeda-beda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menganalisis fenomena yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebab data yang dianalisis adalah manajemen pendidikan Inklusi di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Penelitian berjenis penelitian lapangan ( field research), penelitian kualitatif, dan penelitian pendidikan. Penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan”. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan sebab data yang dianalaisis data deskriptif yang diperoleh dari lapangan. Data penelitian ini adalah manajemen pendidikan Inklusi di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.
Pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus Di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya mengikuti kurikulum yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah oleh karena itu setiap bulannya dilakukan rapat evaluasi bersama tentang proses pembelajaran yang dilakukan sebulan terakhir. Proses belajar mengajar membutuhkan persiapan dan rancangan yang baik hal ini tujuannya tidak lain adalah untuk tercapai tujuan pembelajaran. Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus merupakan fenomena yang kita temui di lingkungan yang masyarakatnya. Fenomena ini juga penulis dapatkan di lingkungan SMA Muhammadiyah 10 Surabaya yang mana banyak siswa yang menggunakan bahasa isyrat ketika bersama temannya yang tuna wicara dan ketika mereka bertemu dengan temannya yang bukan tuna wicara maka mereka menggunakan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Inklusi ,Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:35
Last Modified: 21 Nov 2025 08:35
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5264

Actions (login required)

View Item View Item