ANALISIS METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SIRRUL QUR'AN

Lukman, Saefi (2024) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SIRRUL QUR'AN. Masters thesis, Universitas KH abdul chalim.

[img] Text (Cover Abstrak)
COVER, ABSTRAK LUKMAN.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I LUKMAN.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (Ban kesimpulan)
BAB KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA LUKMAN.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Full tesis)
FULL TESIS LUKMAN S.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lukman Saefi, 2024. Analisis Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Sirrul Quran. Tesis. Program
Studi Magister Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Pesantren KH
Abdul Chalim Mojokerto. Pembimbing Tesis: Dr. Maulana, Lc., M. Ag.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kualitas Pendidikan Islam, Pondok Pesantren
Penelitian ini bertujuan menganalisis metode pembelajaran di Pondok Pesantren
Sirrul Qur'an dan mengevaluasi efektivitasnya dalam membentuk karakter serta
pemahaman agama santri. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi
untuk perbaikan metode pembelajaran. Penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus ini menemukan bahwa proses pembelajaran tahsin dan tahfidz di
pesantren melibatkan empat tahap: mendengarkan, mengikuti, melatih, dan
mutqin (evaluasi).
Keberhasilan metode ini diukur dari peningkatan prestasi belajar dan semangat
santri, serta kemampuan guru dalam mengelola strategi pembelajaran. Namun,
penelitian ini juga menemukan tantangan, yaitu kurangnya peran orang tua dalam
mendampingi santri di rumah dan kesulitan beberapa santri dalam beradaptasi
dengan media pembelajaran. Meskipun demikian, peran guru dalam membimbing
dan memberikan ceramah inspiratif dari Al-Qur'an terbukti mampu meningkatkan
kualitas keimanan dan ketakwaan santri, yang pada akhirnya tercermin dari
semangat mereka dalam belajar tahsin dan tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kualitas Pendidikan Islam, Pondok Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 20 Nov 2025 09:54
Last Modified: 20 Nov 2025 09:54
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item