MUHAMAD, FATHULLAH (2025) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SCHOOL RELIGIOUS CULTURE DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (291kB) |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
|
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TESIS UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan karakter yang bercirikan agama menjadi perhatian utama pemerintah sebagai respons atas degradasi moral remaja yang ditandai dengan meningkatnya perilaku menyimpang. Pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk akhlak melalui keteladanan guru dan pembiasaan nilai-nilai luhur. Berbeda dari penelitian sebelumnya, penelitian ini menyoroti pendekatan School Religious Culture sebagai strategi pembinaan karakter religius di sekolah negeri dengan studi kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Implementasi pendidikan karakter berbasis School Religious Culture di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsal Mojokerto. 2) Implikasi pendidikan karakter berbasis School Religious Culture di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsal Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis School Religious Culture di SMAN 1 Bangsal Mojokerto berupa, a) Penerapan Budaya Religius yang Terstruktur dan Berkelanjutan, b) Integrasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Kehidupan Sekolah, c) Pembiasaan Nilai Karakter Sejak Awal, d) Peran Aktif Organisasi Keagamaan (UKKI), dan e) Sikap Inklusif dan Toleransi terhadap Siswa Non-Muslim. 2) Implikasi pendidikan karakter berbasis school religious culture di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto yaitu, a) Penerapan budaya religius yang terstruktur dan berkelanjutan berimplikasi pada terbentuknya karakter disiplin. b) Integrasi nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sekolah berimplikasi pada penguatan karakter religius. c) Pembiasaan nilai-nilai karakter sejak dini berimplikasi pada pengembangan karakter tanggung jawab. d) Peran aktif organisasi keagamaan (UKKI) berimplikasi pada tumbuhnya karakter kepemimpinan. e) Sikap inklusif dan toleransi terhadap siswa non-Muslim berimplikasi pada pembentukan karakter toleransi. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan School Religious Culture efektif dalam membentuk karakter peserta didik secara menyeluruh serta dapat direplikasi di sekolah lain.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, School Religious Culture |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 10:44 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 10:44 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

