Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smp Maarif Nu Nashirul Huda

Muhammad, Pahrudin (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smp Maarif Nu Nashirul Huda. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS MUHAMMAD PAHRUDIN HILMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah hal yang sangat penting untuk perbaikan pribadi maupun Masyarakat. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki tanggungjawab yang besar dalam menyiapkan anak-anak kaum muslimin agar mereka memiliki bekal yang cukup untuk kehidupan dimasa depan. Ditengah krisis moralitas yang melanda negeri ini SMP Maarif NU Nashirul Huda hadir sebagai wadah untuk mendidik generasi yang bermoral berlandaskan iman dan taqwa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMP Maarif Nu Nashirul Huda, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa di SMP Maarif Nu Nashirul Huda, 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan solusi untuk mengatasi masalah dalam membentuk karakter siswa SMP Maarif Nu Nashirul Huda.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan system triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh adalah data dari hasil observasi, interview dan dokumentasi yang direduksi atau diolah untuk mendapatkan Kesimpulan yang valid.
Guru PAI merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk membentuk karakter siswa di kelas melalui pendekatan cooperative learning, Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL). Pembentukan karakter siswa didukung oleh penerapan strategi PBL (Problem Based Learning) dan PjBL (Project Based Learning) oleh guru PAI, yang secara khusus mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran. Selain itu, kegiatan seperti shalat berjama’ah, partisipasi dalam ekstrakurikuler BDI (Bidang Dakwah Islam dan Musik Islami), budaya salim, Pondok Ramadhan, istighotsah, berinfaq, dan PHBI juga berperan penting dalam memperkuat karakter siswa. Solusi untuk mengatasi tantangan dalam pembentukan karakter siswa melibatkan guru PAI yang secara bijaksana menyisipkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits dalam setiap pengajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Pembentukan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 17 Nov 2025 10:31
Last Modified: 17 Nov 2025 10:31
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5206

Actions (login required)

View Item View Item