Suyanto, Suyanto (2022) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs. DARUL HIKMAH DESA MANGGIS KEC NGANCAR KAB. KEDIRI. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version Download (3MB) |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (3MB) |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP .pdf - Published Version Download (3MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (3MB) |
|
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala madrasah dan
kinerja guru serta mengetahui manajemen kepala Madrasah dalam meningkatkan
kinerja guru serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
menejemen kepala madrsah dalam meningkatkan terhadap kinerja guru di MTs.
Darul Hikmah Desa Manggis Kec Ngancar Kab. Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
mendeskripsikan masalah manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan
kinerja guru Madrasah di MTs. Darul Hikmah Desa Manggis kec. Ngancar Kab.
Kediri. Metode pengumpulan data terdiri atas observasi lapangan, wawancara
secara mendalam dan studi dokumentasi, data diperoleh dari kepala Madrasah ,
wakil kepala Madrasah dan guru MTs. Darul Hikmah Desa Manggis kec. Ngancar
Kab. Kediri.
Hasil penelitian manajemen kepala Madrasah dinyatakan dapat
meningkatkan kinerja guru madrasah di MTs. Darul Hikmah Desa Manggis kec.
Ngancar Kab. Kediri. Manajemen kepala Madrasah dilakukan dengan tahapan
fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Kinerja guru dinilai dari peningkatan kedisiplinan guru, penguatan motivasi guru
dalam Madrasah, program kepelatihan guru dan pemberian penghargaan kepada
guru. Manajemen perencanaan kepala Madrasah dinilai baik dalam peningkatan
kinerja guru melalui perencanaan program kedisiplinan, program keikutsertaan
guru dalam kegiatan madrasah seperti seminar, MGMP, dan pelatihan Kurikulum
merdeka belajar. Manajemen pengorganisasian dinilai baik dalam peningkatan
kinerja guru melalui aturan dan penugasan kepada guru dalam setiap program
Madrasah . Manajemen pelaksanaan dinilai cukup baik dalam peningkatan kinerja
guru melalui pelaksanaan aturan kedisiplinan dan proses belajar mengajar di
Madrasah . Manajemen pengawasan dinilai cukup baik dilakukan melalui evaluasi
setiap program Madrasah yang dilaksanakan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan
manajemen kepala madrash yaitu adanya kolaborasi pembagian tugas kepada
semua guru, melaksanakan rapat bersama guru secara rutin, guru menguasai tentang
materi pelajaran, serta keteladanan kepala madrasah. Faktor penghambat dalam
pelaksanaan manajemen kepala madrasah fasilitas madrasah yang tidak lengkap
regulasi yang dibuat oleh pemerintah, sebagian guru tidak disiplin, keterampilan
guru tidak merata, dan sebagian guru kurang tegas, siswa yang melanggar aturan
kurang ditindak lanjuti, meskipun aturan yang ada sudah sangat ketat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Suyanto |
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kinerja Guru |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 11:31 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 11:31 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

