Sapriadi, Manik (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH AGAMA DALAM MENCEGAH BULLYING VERBAL DI SMKS MAHYAL ULUM AL AZIZIYAH. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover Abstrak)
Cover abstrak.pdf - Published Version Download (642kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (348kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (298kB) |
|
|
Text (Tesis Full)
tesis full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sapriadi Manik, 2024 Peran Guru Agama Dalam Mencegah bullying Verbal di SMKS Mahyal Ulum Al-Aiziyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam . Pascasarjana Universitas KH Abdul chalim Mojokerto. Pembimbing Tesis : Dr.M. Anas Ma’arif, M.Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya terjadi kasus bullying di sekolah karena kurangnya pengetahuan siswa tentang bahaya bullying maka dari itu peneliti ingin meneliti kasus ini yang berjudul “Peran Guru Agama Dalam Mencegah Bullying Di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran guru Agama dalam mencegah perilaku bullying di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. (2) Bagaimana Kondisi Perilaku Bullying di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah . (3) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Guru Agama Dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah . (4) Apa Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap bahaya bullying tersebut dan juga supaya guru Agama dapat mengantisipasi atau mencegah agar perilaku bullying tersebut tidak tersebar luaskan, kedua supaya guru bisa mengenal bentuk-bentuk bullying dan hal yang menyebabkan terjadinya perilaku bullying ini, yang ketiga Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang bermasalah dengan menunjukkan berbagai kasus bullying, begitu juga adanya peran yang baik yang dilakukan oleh bapak dan ibu guru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama,bentuk-bentuk bullying yang masih terdapat pada SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Bullying fisik berupa menendang dan memukul. Untuk Bullying non -fisik verbal berupa memaki, mengejek, menjuluki, menuduh, menyoraki, menyebar gosip, dan membentak. Untuk Bullying mental atau psikologis berupa mempermalukan korban dan mengucilkan korban. Kedua, faktor bullying yang ada di SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah disebabkan dengan banyak faktor kurang perhatiannya orang tua terhadapa anak atau kurangnya kasih sayang maupun dari keluarga yang ekonominya kurang mampu. Ketiga, peran guru Agama dalam menangani kasus tersebut dengan cara melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa adalah dengan cara memposisikan diri serta melakukan pendekatan individu, sebagai pasangan curhat dan menerapkan rasa empati, penuh perhatian,menerapkan sikap ramah.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Guru, Perilaku dan Bullying |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 08:16 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 08:16 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

