Implementasi Managemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Fitrah Dan Adab Di Paud Nurussalam Sukamulya Kabupaten Purwakarta

Silvia, Rahmah (2023) Implementasi Managemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Fitrah Dan Adab Di Paud Nurussalam Sukamulya Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS SILVIA RAHMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan berbasis fitrah dan adab merupakan kurikulum khas yang dimplementasikan di Paud Nurussalam Sukamulya Purwakarta, kurikulum ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi fitrah yang dibawa sejak lahir yang diiringi dengan internalisasi atau pembiasan adab, untuk pengelolaan kurikulum khas tersebut, maka aspek manajemen kurikulum pendidikan harus dilaksanakan secara terprogram dan terintegrasi yaitu dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian dengan menggunakan kurikulum pendidikan berbasis fitrah dan adab.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan berbasis fitrah di Nurussalam Sukamulya Purwakarta, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Nurussalam Sukamulya Purwakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Sumber data diperoleh melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai narasumber dalam penelitian ini adalah pendiri Nurussalam Sukamulya Purwakarta, kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model miles and huberman yaitu dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil análisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Manajemen pendidikan berbasis fitrah dan adab di Nurussalam Sukamulya Purwakarta dilaksanakan dengan penegembangan karakter keteladanan, pengmbangan logika dan daya cipta, pengembangan leadership serta pengembangan mental wirausaha.
Adapun nilai-nilai adab yang di internalisasikan pada proses pendidikan di Nurussalam Sukamulya Purwakarta dikenal dengan 18 sikap Nurussalam yaitu hormat, jujur, mutu, bersih, kasih sayang, sabar, sukur, ikhlas, disiplin, tanggungjawab, khusyu‟, rajin, berfikir positif, ramah, rendah hati, qonaah, taqwa dan istiqomah. Sikap-sikap tersebut dikembangkan dengan pendidikan berbasis fitrah dan adab yang meliputi fitrah individu, fitrah sosial, fitrah bahasa, fitrah bernalar, fitrah belajar serta fitrah perkembangan jasamani. Dalam pelaksanaan pembelajaran, penanaman sikap dan fitrah diterapkan dalan metode BCCT, stimulus kecerdasan majemuk, konsep ESQ, dan konsep neurosains. Faktor pendukung dalam manajemen pendidikan berbasis fitrah yaitu dinas pendidikan dan pemerintah daerah, komite dan orang tua peserta didik. Faktor penghambat pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis fitrah adalah beberapa orang tua peserta didik yang belum memahami sepenuhnya konsep pendidikan berbasis fitrah sehingga potensi fitrah peserta didik belum muncul dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan berbasis adab, pendidikan berbasis fitrah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 11 Nov 2025 08:42
Last Modified: 11 Nov 2025 08:42
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item