IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MA SABILUL MUTTAQIN KALIPURO PUNGGING MOJOKERTO

LUTFI, EFENDI (2024) IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MA SABILUL MUTTAQIN KALIPURO PUNGGING MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS LUTFI EFENDI watermak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu pembelajaran yang dilaksanakan di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto. Dalam pembelajaran Al-Qur’an, dibutuhkan sebuah metode yang pas, cocok dan sesuai dengan keadaan guru dan para peserta didik. Metode At-Tartil dinilai sebagai metode yang cocok digunakan di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto. Metode ini digunakan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Narasumber penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Koordinator program pembelajaran Al-Qur’an, wali kelas dan Guru Al-Qur’an di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode At-Tartil memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Banyak dari para siswa yang merasakan betul dampak dari pembelajaran ini. Hal ini bisa terlihat dari hasil capaian belajar Al-Qur’an siswa yang menunjukkan nilai yang sangat bagus. Selain itu juga bahkan ada salah satu siswa yang mampu menjuarai MTQ tingkat Jawa Timur. Ada pula wali siswa yang merasakan dampak pembelajaran ini, yang mana anaknya sebelum sekolah di MA Sabilul Muttaqin, dia tidak bisa membaca Al-Qur’an. Tapi setelah dia belajar di MA Sabilul Muttaqin dia bisa membaca Al-Qur’an.
Kesimpulannya, implementasi metode At-Tartil untuk meningkatkan kemampuan mambaca Al-Qur’an siswa di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto bisa dikatakan sudah sangat baik. Hal ini dikarenakan secara keseluruhan bacaan Al-Qur’an siswa sangat banyak perkembangan mulai dari kelancaran, kefasihan, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode At-Tartil, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Nov 2025 11:16
Last Modified: 22 Nov 2025 11:16
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item