INTERNALISASI NILAI TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (Studi Kasus SMPN 12 Sidey, Kab. Manokwari, Prov. Papua Barat)

Endah, Endah Muthoharoh (2025) INTERNALISASI NILAI TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (Studi Kasus SMPN 12 Sidey, Kab. Manokwari, Prov. Papua Barat). Masters thesis, Universitas KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Internalisasi merupakan proses menjadikan nilai sebagai bagian dari diri seorang yang dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan. Jika prilaku seorang saja sudah buruk maka yang tertanam dalam jiwa juga hal-hal buruk, jika prilaku seorang baik maka hal-hal baik pula yang tertanam dalam jiwa mereka. Nilai ini tidak hanya membentuk diri siswa secara individu, tetapi juga menjadi pondasi penting dalam membangun harmoni sosial, khusunya dalam lingkungan yang multikultural dan multireligius.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dari para informan yang berkaitan dengan proses internalisasi nilai toleransi, yaitu Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru mata pelajaran umum, serta beberapa siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses internalisasi nilai toleransi yang dilakukan oleh guru kepada siswa yaitu melalui tiga tahap: (a) tahap tranformasi nilai yaitu penyampaian nilai yang dilakukan guru secara verbal, (b) tahap transaksi nilai yaitu menyampaikan nilai melalui diskusi dan interaksi dua arah, (c) tahap transinternalisasi nilai yaitu tahap penanaman nilai melalui keteladanan dan kebiasaan. (2) Faktor pendukung yaitu kebijakan sekolah yang inklusif, keterlibatan guru, dukungan kurikulum serta kerja sama dengan orang tua sedangkan faktor penghambat yaitu pemahaman siswa yang terbatas tentang toleransi, keterbatasan media pembelajaran kontekstual, serta perbedaan latar belakang sosial dan budaya yang kadang menimbulkan konflik. Dengan begitu maka perlu adanya penguatan nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan pendekatan holistik yang melibatkan seluruh pihak dilingkungan sekolah untuk menciptakan harmoni di tengah keberagaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai Toleransi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:42
Last Modified: 06 Nov 2025 08:42
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item View Item