Sari, Sugiyanti (2025) STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SUMBERNONGKO NGUSIKAN JOMBANG. Masters thesis, KH.Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (709kB) |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (640kB) |
|
|
Text (Penutup dan Kesimpulan)
PENUTUP & KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (552kB) |
|
|
Text (Tesis Full Text)
full tesis respository.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Strategi guru kelas dalam menghasilkan karakter peduli sosial pada Sekolah Dasar sangat penting, karena dapat membantu peserta didik tahu nilai- nilai empati dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta sesama. Mengingat hubungan yang erat antara guru dan siswa di kelas, peran guru kelas sangat penting dalam menumbuhkan prinsip-prinsip kepedulian sosial. Tujuan penelitian ini yaitu, Untuk menganalisis implementasi guru kelas dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik kelas V di SDN Sumbernongko Ngusikan Jombang dan Untuk menganalisis strategi guru kelas dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik kelas V di SDN Sumbernongko Ngusikan Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, analisis data dilakukan sejak penelitian menentukan fokus penelitian sampai menyusun laporan penelitian. Terdapat tiga alur dalam kegiatan analisis penelitian kualitatif yang terjadi secara bersamaan, yang meliputi kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau dapat disebut
dengan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas membentuk karakter peduli sosial peserta didik melalui pendekatan keteladanan, pembiasaan, sosialisasi, dan penguatan. Strategi pembelajaran yang digunakan mencakup pengajaran langsung, pembelajaran kooperatif, berbasis proyek, dan teknologi. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang saling memengaruhi, baik melalui keteladanan, budaya positif, maupun nilai gotong royong, serta terhambat oleh kurangnya perhatian, pelatihan, dan pengaruh negatif lingkungan
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru Kelas, Karakter Peduli Sosial, Peserta Didik |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:44 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:44 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

