Delia, Tamara (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Siswa di MAN 2 Mojokerto. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version Download (405kB) |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Text (BAB 1 Pendahuluan).pdf - Published Version Download (307kB) |
|
|
Text (BAB Akhir Penutup)
Text (BAB Akhir Penutup).pdf - Published Version Download (194kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version Download (233kB) |
|
|
Text (Thesis Full Text)
Text (Thesis fulltext).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan ialah segala jenis pengalaman kehidupan yang mendorong timbulnya minat belajar untuk mengetahui dan kemudian bisa mengerjakan sesuatu hal yang telah di ketahui itu. Keadaan seperti itu berlangsung didalam segala jenis dan bentuk lingkungan sosial sepanjang kehidupan. Dengan daya akal pikirannya, manusia mulai menentukan konsep pendidikan dengan menentukan tujuan dan sasaran, untuk selanjutnya mengatur dan menyusun perencanaan, langkah-langkah kebijakan, dan sebagainya, sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan itu. Dari sini, mulailah dilakukan perubahan metode dan teknik mendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana proses internalisasi kegiatan keagamaan dilaksanakan serta mengidentifikasi. faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya dalam meningkatkan prestasi ekstrakurikuler.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan salah satunya dengan Teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi kegiatan keagamaan berjalan melalui tiga tahapan: transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Dengan beberapa pendekatan yaitu pengamalan, pembiasaan, dan keteladanan. Tahapan tersebut melahirkan kesadaran religius yang berimplikasi pada konsistensi siswa dalam mengikuti latihan ekstrakurikuler, manajemen waktu yang lebih baik, serta kesiapan mental dalam menghadapi kompetisi. Temuan ini diperkuat oleh fakta bahwa siswa yang aktif dalam kegiatan keagamaan cenderung lebih sering meraih prestasi ekstrakurikuler, baik di tingkat regional maupun nasional. Faktor pendukung internalisasi meliputi motivasi spiritual siswa, dukungan orang tua, budaya religius sekolah, serta lingkungan masyarakat yang kondusif. Sementara itu, kendala yang dihadapi adalah kurangnya partisipasi sebagian siswa dan keterbatasan waktu pelaksanaan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Internalisasi,Nilai-Nilai Keagamaan, Prestasi Ekstrakurikuler |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 25 Oct 2025 07:34 |
| Last Modified: | 25 Oct 2025 07:34 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

