NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH. RADEN ASNAWI DALAM SYI’IR NASIHAT PADA BUKU PAI DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH

Munawaroh, Siti (2024) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH. RADEN ASNAWI DALAM SYI’IR NASIHAT PADA BUKU PAI DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim Mojekerto.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan akhlak menjadi inti penting dalam menyeimbangkan moral dalam tantanan masyarakat. Penguatan pendidikan akhlak dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan metode di kalangan keluarga dan masyarakat agar memudahkan dalam penerapan pendidikan akhlak yaitu melalui syi’ir nasihat yang terdiri dari 62 bait karya ulama kharismatik dan pejuang NU dari Kudus yaitu KH. Raden Asnawi, yang memuat tentang nilai pendidikan akhlak terpuji yang harus diterapkan dan akhlak tercela yang harus dijauhi. Nilai pendidikan akhlak dalam syi’ir nasihat KH. Raden Asnawi ini memiliki relevansi dengan buku PAI dan Budi Pekerti di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai pendidikan akhlak pada kitab syi’ir nasihat KH. Raden Asnawi dan nilai pendidikan akhlak KH. Raden Asnawi pada buku PAI dan Budi Pekerti di sekolah.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten (content analysis). Data yang diperoleh dari penelitian ini bersumber dari syi’ir nasihat KH. Raden Asnawi dan buku PAI dan Budi Pekerti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Krippendorff, melalui tahap pengkodean (Recoding/coding), pengkategorian, pendeskripsian, dan interpretasi. Teknis keabsahan data menggunakan validitas semantik dan reliabilitas stabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai pendidikan akhlak pada syi’ir nasihat KH. Raden Asnawi yaitu akhlak mahmudah (terpuji): riyadhah, roja’ (harapan), menghormati nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya, santun dalam bertindak, rendah hati (tawadhu’), introspeksi diri (muhasabah), berbakti kepada suami, akhlak berilmu (mengamalkan ilmu), syukur, berbudi pekerti baik, dan patuh, sedangkan akhlak mazmumah (tercela) yaitu ujub, sombong, malas, merasa dirinya bersih dan benar, merokok, menginang, sum’ah, dan maksiat. (2) Nilai pendidikan akhlak KH. Raden Asnawi pada buku PAI dan Budi Pekerti di sekolah yaitu akhlak mahmudah (terpuji): roja’ (harap), santun dalam bertindak, rendah hati (tawadhu’), berbakti kepada suami, akhlak berilmu, syukur, beramal, dan patuh kepada guru, sedangkan akhlak mazmumah (tercela) yaitu takabur dan sum’ah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, KH. Raden Asnawi, Syi’ir Nasihat, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 31 Oct 2025 09:56
Last Modified: 31 Oct 2025 09:56
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item