IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA AL AZHAR MENGANTI GRESIK

Suhermanto, Suhermanto (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA AL AZHAR MENGANTI GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COBER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS SUHERMANTO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masa transisi pandemi Covid-19 ke era normal mengakibatkan menurunnya pembentukan karakter pada diri siswa akibat perubahan pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka menjadi daring (online). Pembelajaran online mengakibatkan pembentukan karakter hanya ada di lingkup keluarga saja. Selain itu, perubahan kurikulum mengakibatkan siswa untuk beradaptasi saat kembali ke lingkungan sekolah (pembelajaran tatap muka). Hal ini dirasakan di semua sekolah, khususnya di SMA Al-Azhar Menganti Gresik. Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam kurikulum merdeka yang mengacu pada dimensi 1 P5 di SMA Al-Azhar Menganti Gresik. Rumusan masalah dalam penelitian ini termasuk penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai implementasi pendidikan karakter pada mapel PAI dalam kurikulum merdeka di SMA Al-Azhar Menganti Gresik sudah baik. Adanya pengintegrasian perangkat mengajar yang dibuat dengan dimensi P5 khususnya dimensi 1 dalam pembentukan karakter siswa. Tidak hanya itu, budaya sekolah seperti penerapan 7S, pembiasaan sholat dhuha, sholat dhuhur dan jumat berjamaah, pembiasaan membaca surat pendek dan dilengkapi program sekolah seperti jumat bersih, jumat bertasbih dan jumat bersih. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter pada siswa di SMA Al-Azhar Menganti Gresik yaitu adanya dukungan dan rasa peduli dari bapak kepala sekolah, MGMPS PAI, guru mata pelajaran, sarana prasarana dan program sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler juga mendukung pembentukan karakter siswa. Faktor penghambat pembentukan karakter siswa di SMA Al-Azhar Menganti Gresik adalah terbatasnya komunikasi antara guru, pengasuh pondok dan wali siswa, kurangnya rasa kedisiplinan siswa ataupun guru dalam mengingatkan siswa yang kurang baik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, PAI, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:42
Last Modified: 23 Oct 2025 07:42
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item