Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membinakebiasaan Melaksanakan Sholat Berjamaah Siswa Madrasah Aliyah Al- Khairiyah Jakarta

Muhammad, Nur Sofian (2024) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membinakebiasaan Melaksanakan Sholat Berjamaah Siswa Madrasah Aliyah Al- Khairiyah Jakarta. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Bab V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS MUHAMMAD NUR SOFIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan tesis ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang peranan guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan melaksanakan sholat berjamaah siswa Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Jakarta. Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Jakarta, bagaimanakah sholat berjamaah siswa Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Jakarta, dan bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan melaksanakan sholat berjamaah siswa Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Jakarta.
Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat induktif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket sebagai pendukung data yang ada. Hasil analisis kualitatif memberikan gambaran bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Jakarta sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan, sholat berjamaah siswa kurang efiktif karena masih jarang yang kemushola untuk melaksanakan sholat berjamaah, dan guru pendidikan agama Islam kurang berperan dalam membina kebiasaan melaksanakan sholat berjamaah siswa Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Jakarta.
Implikasi penelitiannya mencangkup: kepada seluruh guru kiranya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik terutama di Madrasah Aliyah Al- Khairiyah Jakarta agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif, seringnya guru memberi contoh yang baik kepada siswa, dan memberi hukuman bagi siswa yang tidak melaksanakan sholat berjamaah dimushola.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Sholat, Madrasah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:06
Last Modified: 23 Oct 2025 08:06
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item