PERILAKU ANAK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK (STUDI KASUS DI KELOMPOK A RA MIFTAHUL ULUM PANDANARUM)

Fitria, Hasna Humaera (2025) PERILAKU ANAK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK (STUDI KASUS DI KELOMPOK A RA MIFTAHUL ULUM PANDANARUM). Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku anak yang memiliki gaya belajar kinestetik mencerminkan karakteristik dan kebiasaan yang menunjukkan bahwa mereka belajar dengan paling baik melalui aktivitas fisik, gerakan, dan pengalaman langsung. Anak-anak yang mengadopsi gaya belajar ini lebih menyukai pembelajaran yang melibatkan praktek dan aktivitas fisik dibandingkan hanya mendengarkan atau membaca teori.
Skripsi ini membahas tentang Perilaku Anak Dengan Gaya Belajar Kinestetik (Studi Kasus Di Kelompok A RA Miftahul Ulum Pandanarum). Rumusan masalah penelitian adalah (1) Bagaimana perilaku anak yang memiliki gaya belajar kinestetik di dalam lingkungan sekolah di Kelompok A RA Miftahul Ulum Pandanarum (2) Bagaimana pengaruh model gaya belajar kinestetik terhadap motivasi anak di Kelompok A RA Miftahul Ulum Pandanarum.
Penelitian ini menerapkan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki perilaku kinestetik, ditandai dengan: 1) belajar melalui aktivitas fisik, 2) kepekaan terhadap ekspresi dan bahasa tubuh, 3) orientasi fisik dan banyak bergerak, 4) kecenderungan berusaha dan kurang rapi, dan 5) kelemahan dalam aktivitas verbal. Model gaya belajar kinestetik ini sangat relevan bagi anak dengan preferensi belajar yang sama, terutama dalam meningkatkan keaktifan dan efektivitas pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar kinestetik, karakteristik anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 20 Oct 2025 09:25
Last Modified: 20 Oct 2025 09:25
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item