IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYYAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP BILINGUAL TERPADU KRIAN SIDOARJO

Muhammad, Faliqul Ishbach (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYYAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP BILINGUAL TERPADU KRIAN SIDOARJO. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FALIQ CETAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter atau pendidikan akhlak merupakan arah utama yang dituju oleh lembaga pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler yang selama ini diselenggarakan sekolah merupakan salah satu media yang potensial untuk pembinaan karakter. Selain itu, dalam menentukan keberhasilan tersebut, selain kurikulum tertulis, juga adanya kurikulum tersembunyi yang disebut hidden curriculum. Penerapan hidden curriculum di sebuah lembaga pendidikan diharapkan dapat membentuk kepribadian dan karakter peserta didiknya. SMP Bilingual Terpadu merupakan sekolah berbasis Pesantren Modern AL-Amanah, yang dalam upaya pengembangkan karakter religius peserta didiknya tidak tergantung pada kurikulum tertulis dari mata pelajaran pendidikan agama Islam saja, tetapi diinternalisasikan dengan Pembelajaran madrasah diniyyah. Latar belakang implementasi Pembelajaran madrasah diniyyah kegiatan tersebut, karena banyak peserta didik SMP Bilingual Terpadu yang basik agamanya dan pemahaman agama Islam masih minim, kurangnya adab sopan santun, perilaku yang tidak mencerminkan nilai keislaman maupun kepesantrenan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model akhir yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data Display), dan penarikan kesimpulan (conclution).
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: Kebijakan Pembelajaran madrasah diniyyah sudah terencana sesuai visi misi sekolah, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun bentuk- bentuk Pembelajaran madrasah diniyyah yang diterapkan dalam pengembangan karakter rekigius peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Ponorogo sebagai berikut: pembiasaan shalat dhuha, tadarus al-qur’an budaya musyafahah, shalat dhuhur berjama’ah, khataman al-qur’an, pembacaan asmaul husna, PHBI, tahlil. istighotsah, penyembelihan kurban, dan ziaroh wali. Pelaksanaan Pembelajaran madrasah diniyyah di SMP Bilingual Terpadu sudah terlaksana dengan cukup baik. Strategi yang digunakan adalah; pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, dan religius culture. Implikasi pelaksanaan pembelajaran madrasah diniyyah di SMP Bilingual Terpadu Ponorogo berdampak pada peningkatan karakter religius peserta didik yang meliputi nilai akidah, ibadah, dan akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Sosial.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 20 Oct 2025 11:36
Last Modified: 20 Oct 2025 11:36
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item