Waridin, Waridin (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KEDISIPLINAN GURU (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Jambar Kuningan). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version Download (350kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (360kB) |
![]() |
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (140kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (213kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
TESIS WARIDIN FIKS CETAK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis ini menggali secara mendalam strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja dan kedisiplinan para guru di MTs Al-Ikhlas Jambar, Kuningan. Penelitian ini merumuskan dua rumusan masalah utama: 1) Bagaimana kepala madrasah menerapkan strategi kepemimpinan untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan guru di MTs Al-Ikhlas Jambar Kabupaten Kuningan? 2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi strategi kepemimpinan tersebut dalam usaha meningkatkan kinerja dan kedisiplinan guru di MTs Al-Ikhlas Jambar, Kabupaten Kuningan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena secara mendalam dan menyeluruh. Untuk mengumpulkan data, peneliti menerapkan berbagai teknik, termasuk observasi langsung, wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumentasi terkait. Analisis data dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif, yang memungkinkan peneliti menginterpretasikan dan memahami makna dari data yang diperoleh dengan cara yang kaya dan terperinci. Pendekatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai objek penelitian, sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan berarti.
Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasil yang didapatkan adalah bahwa, perencanaan strategi kepemimpinan yang matang, pelaksanaan dengan pendekatan partisipatif, dan pengawasan ketat dapat meningkatkan kinerja dan kedisiplinan guru. Program-program yang telah dilaksanakan, seperti supervisi, pengembangan RPP, MGMP, pendalaman IT, absensi sidik jari, penguatan pendidikan karakter, dan pemberian penghargaan serta sanksi, berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan kondusif. Adapun faktor pendukung peningkatan kinerja dan kedisiplinan itu meliputi kepemimpinan visioner, komunikasi efektif, dukungan sumber daya, budaya kerja kolaboratif, penegakan aturan konsisten, dan sistem penghargaan. Sementara itu, hambatan yang dihadapi termasuk kurangnya sumber daya, minimnya pelatihan, resistensi terhadap perubahan, budaya organisasi yang kurang mendukung, dan masalah administratif. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi peningkatan sumber daya, pengembangan pelatihan berkelanjutan, manajemen perubahan yang efektif, peningkatan budaya organisasi, dan reformasi administratif. Penelitian ini memberikan panduan bagi praktisi dan pembuat kebijakan pendidikan dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan guru, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepemimpinan, Kinerja, dan Kedisiplinan |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 11:37 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 11:37 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |