EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN BAHAN AJAR HANDOUT TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MATERI PAI DI SDN 6 RATOLINDO AMPANA KOTA

Mapu, Mutmainna R (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN BAHAN AJAR HANDOUT TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MATERI PAI DI SDN 6 RATOLINDO AMPANA KOTA. Masters thesis, Universitas KH.Abdul Chalim.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (789kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

R, Mapu, Mutmainna, 2025. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dengan
Media Handout Terhadap Pemahaman Peserta Didik Dalam Materi PAI DI SDN 6
Ratolindo Amapana Kota. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam.
Pascasarjana Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto. Pembimbing Tesis: Dr. H.
Zakariyah, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran audio visual dan bahan ajar handout terhadap pemahaman peserta
didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 6 Ratolindo
Ampana Kota. Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan
rendahnya pemahaman siswa terhadap materi PAI akibat metode pembelajaran
yang cenderung monoton dan minim variasi media, sehingga diperlukan strategi
pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain
eksperimen semu (quasi experimental) tipe pretest-posttest nonequivalent control
group design. Subjek penelitian berjumlah 42 siswa kelas V yang terbagi menjadi
dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1) yang menggunakan media audio
visual dan kelompok eksperimen 2) yang menggunakan bahan ajar handout.
Instrumen penelitian berupa tes pemahaman sebanyak 20 soal pilihan ganda yang
diberikan sebelum dan sesudah perlakuan.
Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat
perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah perlakuan pada masing-masing
kelompok, serta uji Mann-Whitney U untuk membandingkan hasil kedua
kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan
pemahaman siswa pada kedua kelompok, dengan rata-rata peningkatan lebih tinggi
pada kelompok yang menggunakan media audio visual dibandingkan handout.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual lebih efektif
dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI dibandingkan bahan
ajar handout. Oleh karena itu, guru disarankan untuk memanfaatkan media audio
visual sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi
dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, handout, pemahaman, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:57
Last Modified: 16 Oct 2025 08:57
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item