Husnul, Khatimah (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN FIQIH DI MI AS SALAM SUNGAI DURI BENGKAYANG. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (334kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (466kB) |
![]() |
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (141kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (263kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
TESIS HUSNUL CETAK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran Fiqih di MI As Salam Sungai Duri Bengkayang serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan berbagai strategi untuk menumbuhkan minat belajar siswa, di antaranya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, memberikan motivasi, serta menerapkan penghargaan dan sanksi secara proporsional. Faktor pendukung meliputi lingkungan belajar yang kondusif, kompetensi guru, serta dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana, kurangnya perhatian sebagian siswa, dan perbedaan kemampuan dasar siswa. Upaya yang dilakukan guru terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa, khususnya dalam memahami dan mengamalkan pelajaran Fiqih dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Fiqih, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 09:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 09:11 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |