STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) PESERTA DIDIK KELAS VIII-A DI MTS NEGERI 1 MOJEKERTO.

Dalfi, Sagaf (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) PESERTA DIDIK KELAS VIII-A DI MTS NEGERI 1 MOJEKERTO. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK 3 BAHASA.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (622kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS DALFI SAGAF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya efikasi diri dalam mendukung
keberhasilan belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran fiqih yang kerap
dianggap sulit.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
pembelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Mojokerto dapat meningkatkan efikasi diri
siswa kelas VII A, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi
yang melibatkan kepala sekolah, guru fiqih, guru BK, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang
digunakan meliputi pendekatan kontekstual dan aktif, seperti diskusi kelompok,
pemberian umpan balik positif, serta tugas yang menantang namun dapat dicapai.
Strategi ini mendorong interaksi dan rasa percaya diri siswa dalam memahami fiqih.
Faktor pendukungnya meliputi guru yang kompeten, lingkungan belajar yang
kondusif, serta dukungan teman sebaya. Sementara itu, hambatan yang ditemukan
mencakup perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan fasilitas. Kesimpulannya,
strategi pembelajaran yang dirancang dengan tepat dapat secara signifikan
meningkatkan efikasi diri siswa dan berdampak positif pada keberhasilan mereka
dalam pembelajaran fiqih di madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran fiqih, self-efficacy, peserta didik, penelitian kualitatif, MTs Negeri 1 Mojokerto.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:19
Last Modified: 16 Oct 2025 08:19
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4978

Actions (login required)

View Item View Item