PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SDN 31 PONTIANAK UTARA KALIMANTAN BARAT

Muhammad, Lutfi (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SDN 31 PONTIANAK UTARA KALIMANTAN BARAT. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Tesis Full)
tf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan moderasi beragama di sekolah menjadi sektor dalam menjaga perdamian antar siswa, hal ini menjadi harapan guru bahkan masyarakat. Peran guru PAI di Sekolah Dasar sangat penting dalam membentuk moderasi beragama di kalangan siswa tidak hanya bertugas sebagai penyampai materi agama, tetapi juga sebagai pembentuk sikap dan nilai-nilai siswa terkait dengan toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan kerjasama antaragama.
Tujuan penelitian ini untuk membangun sikap moderasi beragama dilingkungan sekolah khususnya di dalam kelas dan lingkungan masyarakat dengan harapan membangun sikap toleransi dengan teori Abdullah Saeed tentang Islamic Thought: An Introduction. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, Teknik pengumpulan data dilkakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara mendalam dengan informan inti serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, display data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam dengan menanamkan Nilai-nilai Moderasi hal ini berfungsi sebagai pengenalan bagi siswa terkait dengan moderasi beragama. Guru PAI di SD 31 Pontianak Utara menanamkan nilai-nilai moderasi menjadikan siswa mempunyai karakter toleransi terhadap sesama, selain itu guru PAI memainkan peran sebagai fasitator dalam membangun karakter siswa terkait dengan nilai-nilai moderasi beragama. Guru PAI membangun nilai-nilai moderasi beragama dengan memberikan pengajarkan pada siswa tentang menghormati perbedaan agama, menjaga sikap tenggang rasa, dan mempromosikan kerukunan antarumat beragama, hal ini dilakukan dengan strategi mengintegrasi nilai-nilai moderasi beragam dalam kurikulum, hal ini dilakukan agar nilai-nilai moderasi beragama dapat tersampaikan dengan baik sehingga berdampak positif pada siswa dalam kehidupan keberagaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran, PAI, Moderasi Beragama
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 14 Oct 2025 09:20
Last Modified: 14 Oct 2025 09:20
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item