Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik Di Sd Islam Tabanan Bali

Supriadi, Supriadi (2023) Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik Di Sd Islam Tabanan Bali. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Bab V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS SUPRIADI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah bagi peserta didik yang memiliki minat dan bakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu mengembangkan potensi diri dalam meraih dan meningkatkan prestasi peserta didik. Prestasi peserta didik tidak hanya didapat dari prestasi akademiknya saja, dengan prestasi non akademik peserta didik diharapkan mampu bersosialisasi dengan baik. Dan dengan adanya Manajemen ekstrakurikuler yang baik, maka akan menghasilkan prestasi didalam bidang non akademik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data (teknik pengumpulan data yang sifatnya menggabungkan berbagai data dan sumber yang telah ada) sedangkan analisis data dengan model interaktif yang tersiri atas reduksi data penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitiaan ini adalah (1) manajemen kegiatan SD Islam Tabanan meliputi, Pertama perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Kedua pengorganisasian dilakukan oleh para guru Pembina ekstrakurikuler dengan cara pemberian tugas bagi pembina yang mempunyai kompetensi dibidangnya. Ketiga pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal yang telahditetapkan, keempat pengawasan dilakukan dengan adanya presensi kehadiran guru pembina dan peserta didik, (2) prestasi non akademik peserta didik setelahdiadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler sudah baik dan semakin meningkat. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan baik dan lancar, karena adanya manajemen ekstrakurikuler yang baik di SD Islam Tabanan sehingga dapat meraih prestasi dibidang non akademik. (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu sarana dan prasarana, dana, peserta didik yang antusias, dan guru Pembina yangberkompeten

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler, Prestasi peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 13 Oct 2025 11:59
Last Modified: 13 Oct 2025 11:59
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item View Item